TNI AL Kerahkan Kapal Perang Kirim Logistik Bantu Penanganan Krisis Pangan di Pulau Masalembo - inews

 

TNI AL Kerahkan Kapal Perang Kirim Logistik Bantu Penanganan Krisis Pangan di Pulau Masalembo

TNI AL Kerahkan Kapal Perang Kirim Logistik Bantu Penanganan Krisis Pangan di Pulau Masalembo
TNI AL mengerahkan KRI Malahayati-362 ke Pulau Masalembo. (Foto TNI AL).

JAKARTA, iNews.id - TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan KRI Malahayati-362 dalam rangka operasi penanggulangan kedaruratan akibat cuaca buruk dan gelombang laut tinggi yang menyebabkan krisis pangan di Pulau Masalembo.

Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah mengatakan Kegiatan operasi tanggap darurat dan dukungan kemanusiaan ini merupakan hasil sinergitas TNI AL sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, khususnya yang berada di Masalembo.

"Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AL dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat," kata Maman melalui keterangan tertulis pada Kamis (2/3/2023).

Maman menjelaskan kapal perang jenis Korvet ini akan berangkat dari Dermaga Ujung, Koarmada II Surabaya dengan membawa bantuan sembako dari Gubernur Jawa Timur berupa minyak goreng 2.000 liter, sarden 700 kaleng, mie instan 10.000 dus, beras 10 ton.

Kemudian bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur berupa beras 15 ton, bantuan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur, gula 5 ton, dan elpiji 3 kg sebanyak 300 tabung.  

"Sedangkan bantuan sembako dari Koarmada II, berupa mi instan 12.000 dus, minyak goreng 1.968 liter, gula 5 ton, beras 15 ton dan sarden 1.696 kaleng. Seluruh bantuan tersebut akan tiba pada Kamis 2 Maret 2023 hari ini," katanya.

Di tempat terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa TNI AL siap kapanpun dibutuhkan guna mengatasi kedaruratan. 

"Dalam hitungan jam TNI AL harus hadir saat masyarakat membutuhkan pertolongan, terlebih dalam kondisi darurat bencana,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar