Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Evakuasi WNI di Sudan, Panglima Pastikan TNI Berpengalaman di Afghanistan hingga Ukraina - inews

 

Evakuasi WNI di Sudan, Panglima Pastikan TNI Berpengalaman di Afghanistan hingga Ukraina

LMuhammad Refi Sandi 
Evakuasi WNI di Sudan, Panglima Pastikan TNI Berpengalaman di Afghanistan hingga Ukraina
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengirim prajuritnya ke Sudan untuk mengevakuasi WNI yang terjebak konflik militer. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan tugas evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Sudan yang merupakan negara berkonflik bukan yang pertama kali. Ia pun menyebut operasi kemanusiaan yang sama pernah dilakukan saat mengevakuasi WNI di Afghanistan dan Ukraina.

Hal itu disampaikan Yudo saat memimpin apel pemberangkatan puluhan personel yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) evakuasi di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (24/4/2023). Terlihat pula pasukan baret jingga atau Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI dengan senjata lengkap menjadi peserta apel berlatar pesawat Boeing 737-7305 milik TNI Angkatan Udara (AU).

Baca Juga

"Misi ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh TNI. Sebelumnya pernah dilakukan misi yang sama ke Afghanistan pada Agustus 2021 dan ke Ukraina pada Maret 2022. Untuk itu saya minta jadikan pengalaman kedua misi tersebut sebagai bekal dan evaluasi agar misi yang akan kalian laksanakan dapat berjalan aman dan lancar," kata Yudo saat amanat apel.

Yudo menambahkan bahwa tugas penjemputan WNI ke Sudan merupakan tugas mulia yang harus dilaksanakan penuh rasa tanggungjawab.

Baca Juga

"Tugas penjemputan WNI ke Sudan adalah tugas mulia sekaligus kehormatan yang harus kalian laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Ingatlah bahwa kalian tidak hanya mewakili TNI tapi juga sebagai Duta bangsa Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Yudo mengapresiasi prajurit yang siaga menjawab panggilan tugas ditengah libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

"Selaku pimpinan TNI saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan tinggi pada seluruh prajurit atas kesiapsiagaan kalian sehingga menjawab panggilan tugas meski suasana libur Idulfitri. Saya bangga dan menaruh rasa hormat kepada kalian," tuturnya.

Sebagai informasi, sebanyak 291 orang WNI bakal dievakuasi dari Port Sudan ke Jeddah, Arab Saudi menggunakan pesawat Boeing tersebut. Sementara itu evakuasi dari Jeddah ke Jakarta menunggu arahan lebih lanjut.

Sebelumnya melalui tahap 1, pemerintah mengevakuasi 538 WNI dari Khartoum, lokasi utama pertempuran yang terus berlangsung antara tentara Sudan dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF).
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan proses evakuasi WNI dari Sudan tidak mudah karena dilakukan di tengah pertempuran yang masih terus berlangsung. Untuk itu, pemerintah berupaya menyiapkan rencana yang matang dengan memprioritaskan keselamatan para WNI.

“Saya terus mengikuti jam-per-jam proses evakuasi. Saya juga melaporkan proses evakuasi ini kepada Bapak Presiden (Joko Widodo),” kata Retno.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek