Pilihan

Gertak Korut, AS Akan Kirim Kapal Selam Pembawa Rudal Nuklir ke Korsel - inews

Gertak Korut, AS Akan Kirim Kapal Selam Pembawa Rudal Nuklir ke Korsel

5-6 minutes
Gertak Korut, AS Akan Kirim Kapal Selam Pembawa Rudal Nuklir ke Korsel Angkatan Laut AS akan mengirim kapal selam pembawa rudal nuklir (SSBN) ke Korsel (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Amerika Serikat (AS) akan mengirim kapal selam pembawa rudal nuklir (SSBN) ke Korea Selatan (Korsel) sebagai peringatan bagi Korea Utara (Korut). Ini merupakan pengiriman pertama kapal selam dengan senjata pemusnah massal AS ke Korsel sejak 1980.

Shopee

BIG RAMADAN SALE

Promo terbesar Se-Indonesia. Diskon 50%, THR Kaget 15 Milyar, Flash Sale Akbar Rp.1. Gratis Ongkir Super DAHSYAT dan masih banyak promo lainnya.

LIHAT
KODE JFC

S & K ðŸ“… 31 May 2023

AS ingin menunjukkan komitmen kepada Korsel bahwa negaranya akan melindungi sekutunya tersebut dari ancaman serangan nuklir Korut.

Baca Juga

Rencana pengerahan kapal perang nuklir AS itu diumumkan dalam deklarasi bersama dalam pertemuan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol dengan mitranya Joe Biden di Washington DC, Rabu (26/4/2023).

AS sangat jarang menunjukkan kapal perang rudal balistik nuklirnya, apalagi di pelabuhan negara lain, dengan alasan keamanan. Selain itu kapal SSBN AS jarang dimunculkan ke publik karena memiliki peran strategis dalam melancarkan serangan nuklir.

Baca Juga

Negeri Paman Sam berjanji mengerahkan lebih banyak aset strategis, seperti kapal induk, kapal selam, dan pesawat pengebom jarak jauh ke Korsel untuk unjuk kekuatan terhadap Korut.

Korut semakin sering meluncurkan atau menguji coba rudal-rudalnya, termasuk pembawa hulu ledak nuklir, sebagai peringatan terhadap AS dan sekutunya. Rudal balistik Korut bahkan mampu menjangkau daratan AS.

Baca Juga

Pengerahan kapal induk AS baru-baru ini serta latihan perang gabungan dengan Korsel dikecam keras Korut. Latihan militer itu dianggap Pyongyang sebagai bukti permusuhan.

Angkatan Laut AS diketahui memiliki 14 unit SSBN atau bisa disebut Boomer. Setiap kapal selam kelas Ohio bisa membawa hingga 20 rudal Trident II D5. Setiap rudal bisa membawa hingga delapan hulu ledak nuklir menuju sasaran sejauh 12.000 km.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.




Lokasi Tidak Terdeteksi

Anda sedang menikmati berita di sekitar Anda

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek