Ini 5 Tips Aman Mudik Naik Motor agar Selamat Sampai Tujuan - Beritasatu

 

Ini 5 Tips Aman Mudik Naik Motor agar Selamat Sampai Tujuan

Kamis, 13 April 2023 | 11:53 WIB
Ilyasa Mochammad Rifqi Siswadi / DITA
Ilustrasi pemudik motor.
Ilustrasi pemudik motor. (Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Momen bulan suci Ramadhan akan selesai dalam beberapa hari kedepan, orang-orang mulai bergegas untuk mempersiapkan diri melakukan perjalanan jauh menuju kampung halamannya masing-masing. Bagi yang mudik menggunakan motor, Ini tips aman mudik naik motor.

Momen mudik lebaran merupakan momen euforia setahun sekali yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Pada momen ini, biasanya orang-orang akan melakukan perjalanan jarak jauh pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk bisa berkumpul bersama keluarga tersayang untuk merayakan momen lebaran.

Tips Aman Mudik Kendaraan Roda Dua
Mudik menggunakan motor atau kendaraan roda dua dipilih menjadi alternatif bagi pemudik yang tidak memiliki kendaraan roda empat atau kehabisan tiket transportasi umum.

Akan tetapi, melakukan perjalanan mudik menggunakan motor sebenarnya memiliki resiko yang cukup tinggi bagi orang-orang yang menjalaninya. Demi mengurangi resiko tersebut, ini beberapa tips aman mudik naik motor.

Advertisement

1. Cek Kondisi Fisik Kendaraan
Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengecek kondisi fisik dan kelayakan kendaraan roda dua yang akan kita gunakan untuk menempuh jarak jauh menuju kampung halaman.

Beberapa hal yang harus menjadi fokus pengecekan adalah kondisi mesin, kondisi rem, kondisi mesin dan kelistrikan dari motor. Beberapa hal tersebut merupakan komponen-komponen penting yang akan menunjang kenyamanan dan keamanan pemudik dalam berkendara.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya para pemudik melakukan pengisian oli mesin dengan yang baru, mengganti ban, mengganti kampas rem, dan mengecek kondisi kelistrikan untuk menghasilkan kondisi motor yang lebih segar, dan siap digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

2. Persiapkan Rute Perjalanan
Mempersiapkan rute perjalanan adalah sesuatu yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik, karena hal ini akan menunjang keamanan dan keefektifan para pemudik.

Bagi para pengemudi, ada baiknya memilih jalur yang sudah pernah mereka lewati sebelumnya. Sehingga, dapat meminimalisir risiko untuk tersesat dan menciptakan suasana mudik yang nyaman.

3. Membawa Barang Secukupnya
Tips selanjutnya yang harus dilakukan oleh para pemudik yang membawa kendaraan roda dua adalah tidak membawa barang-barang secara berlebihan karena akan sangat berbahaya.

Motor yang memiliki body yang ramping, idealnya hanya diperuntukan untuk membawa dua orang dan dua tas ransel untuk memberikan sedikit mobilitas untuk ruang gerak badan kita saat berkendara.

Selain untuk ruang gerak, membawa barang bawaan berlebih akan berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar. Membawa barang yang berlebih sama saja dengan menambah beban motor, sehingga motor akan membutuhkan tenaga berlebih yang sangat menguras bahan bakar.

4. Menggunakan Perlengkapan Pendukung
Perlengkapan berkendara juga hal yang harus diperhatikan ketika para pemudik yang menggunakan sepedah motor sebagai penunjang keselamatan. Usahakan untuk menggunakan jaket yang tebal, sarung tangan, dan helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk menunjang keselamatan para pemudik.

Penggunaan jaket dan sarung tangan berfungsi untuk meredakan angin ketika perjalanan jarak jauh, serta menghindarkan kulit telapak tangan kita dari resiko terbakar karena terkena pancaran sinar matahari secara langsung.

5. Istirahat yang Cukup
Selain kondisi kendaraan, kondisi fisik para pengendaranya juga menjadi hal yang harus terus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh untuk sampai di kampung halaman.

Ada baiknya para pengendara ini mengatur jam tidurnya sebelum berangkat agar menghasilkan pola tidur yang berkualitas. Pastikan juga untuk beristirahat sejenak di rest area agar tubuh tetap prima.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika hendak melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan motor. Pastikan untuk mengutamakan keselamatan, agar bisa bertemu dengan saudara di kampung halaman.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Baca Juga

Komentar