Pilihan

Kampung Unik di Sumatera Selatan, Singgah ke Desa Terpencil yang Indah dengan Rumah Panggung Beratap Ijuk - inews

 

Kampung Unik di Sumatera Selatan, Singgah ke Desa Terpencil yang Indah dengan Rumah Panggung Beratap Ijuk 

Kampung Unik di Sumatera Selatan, Singgah ke Desa Terpencil yang Indah dengan Rumah Panggung Beratap Ijuk 
Keindahan Kampung unik di Sumatera Selatan (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Sumatera Selatan sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desanya yang dikenal memiliki pemandangan alam menakjubkan, dijamin akan membuat siapa pun betah berlama-lama tinggal.

Shopee

Voucher Spesial iNews

Promo terbesar Se-Indonesia. Diskon 50%, THR Kaget 15 Milyar, Flash Sale Akbar Rp.1. Gratis Ongkir Super DAHSYAT dan masih banyak promo lainnya.

LIHAT KODE
🕒 31 May 2023

Ya, desa tersebut bernama Tebat Lereh. Desa ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam eksotis, tetapi juga budaya, kerajinan, hingga seni. Suasana di desa ini cukup asri, mengingat letaknya di pedesaan. Dari desa Tebat Lareh Anda bisa melihat pegunungan yang memesona.

Baca Juga

Tak heran jika desa ini lolos dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa Tebat Lareh menyajikan daya tarik yang tak dimiliki kebanyakan desa-desa di Sumatera Selatan.

Penasaran ingin tahu seperti apa keindahan Desa Tebat Lereh yang dikenakan unik ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (3/4/2023).

Baca Juga

Kampung Unik di Sumatera Selatan 

Kampung unik di Desa Tebat Lereh ini berada di Dempo Selatan. Bagi yang sedang berlibur ke Dempo Selatan, wajib singgah dan menilik kampung satu ini. Sebab, salah satu daya tarik yang ada di sini adalah keindahan alam pengunungan Dempo yang menjadi andalan desa wisata Tebat Lereh. Terdapat juga Air Terjun Dua Tanggul yang berpadu dengan agrowisata dan kehidupan agraris yang kental dengan persawahan dan petani kopi. Bagi para pencinta alam, pegunungan ini bisa jadi tujuan jelajah alam atau camping.

Rumah Adat yang Masih Kokoh Berdiri

Jika  kebanyakan kampung, rumah-rumah adat telah terganti keberadaannya dengan bangunan arsitektur modern, berbeda dengan Desa Tebat Lereh. Rumah-rumah panggung di desa ini, masih berdiri kokoh puluhan tahun lamanya. Rumah adat ini dinamakan dengan Rumah Baghi. 

Baca Juga

Rumah Baghi adalah merupakan rumah adat suku Besemah. Ada sekitar 24 rumah adat Suku Basemah. Rumah ini memiliki ciri khas berbentuk panggung dengan atap terbuat dari ijuk atau serabut pohon aren dan kerangkanya dari bambu. Pada beberapa bagian Rumah Baghi juga terdapat ukiran dengan motif yang cantik, salah satunya motif mandala kencana. Motif tersebut menyerupai bunga matahari dan teratai yang digambar secara vertikal dan horizontal, melambangkan persatuan dan kesatuan serta doa, harapan, dan gotong royong.

Kuliner Khas Masyarakat Desa Tebat Lareh

Desa Tebat Lereh memiliki kuliner khas Pagar Alam dan Sumatera Selatan yang beragam, dari Lemang Padi Pulut sebagai makanan khas yang ditemani Kopi Pagar Alam, sampai dengan makanan berat lauk nasi Ikan Tempoyak.

Baca Juga

Jika Anda pulang dari desa ini, jangan lupa untuk melipir sebentar untuk membeli kerajinan tangan masyarakat sekitar yang berbahan baku rotan. Pada mulanya masyarakat setempat membuat peralatan kebutuhan rumah tangga dari rotan dan berkembang menjadi kerajinan tangan atau suvenir Pagar Alam bagi para wisatawan yang datang.

Tempat Wisata di Desa Tebet Lareh

Jangan lewatkan beberapa tempat wisata di Desa Tebat Lareh, di antaranya Kebun Teh Gunung Dempo, Jeruk Gerga Pagar Alam, Roziel Amazing Garden, Wisata air terjun di Tanjung Sakti Lahat, Ayik pacar Jarai di Kabupaten Lahat, Lesehan Lembur Kuring Karjak di Pagar Alam, Paralayang di Puncak Gunung Dempo.

Desa Tebat Lereh juga memiliki air terjun Napal Kuning yang menjadi primadona. Air terjun ini memiliki ketinggian 8 meter dari permukaan sungai. Untuk mencapai air terjun ini jalanannya cukup terjal dan licin karena terbuat dari tanah napal dan liat. Anda bisa menggunakan paket wisata menggunakan motor ATV untuk singgah ke Air Terjun Napal.

Lokasi Desa Tebat Lereh 

Desa wisata ini berlokasikan di Tebat Lereh Meringang, Dempo selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek