Masjid Darul Falah Lumajang Sediakan Layanan Kesehatan Gratis bagi Jamaah By BeritaSatu

 

Masjid Darul Falah Lumajang Sediakan Layanan Kesehatan Gratis bagi Jamaah

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 14, 2023
Masjid Darul Falah di Lumajang, Jawa Timur memiliki cara unik untuk memberi perhatian terhadap para jamaah, yakni melalui layanan kesehatan secara gratis, Jumat, 14 April 2023.
Masjid Darul Falah di Lumajang, Jawa Timur memiliki cara unik untuk memberi perhatian terhadap para jamaah, yakni melalui layanan kesehatan secara gratis, Jumat, 14 April 2023.

Lumajang, Beritasatu.com - Menjaga kesehatan merupakan salah satu kunci kenyamanan dalam melaksanakan puasa di bulan suci Ramadan.

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu upaya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Masjid Darul Falah di Lumajang, Jawa Timur memiliki cara unik untuk memberi perhatian terhadap para jamaah, yakni melalui layanan kesehatan secara gratis bagi para jamaah maupun musafir. Layanan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan 2 kali dalam sebulan, yakni hari Jumat pekan kedua dan keempat.

Layanan kesehatan yang diberikan yakni berupa tensi darah hingga pengecekan kadar gula darah para jamaah. Selain itu, pemberian obat sesuai resep dokter juga diberikan untuk membantu meringankan gejala penyakit yang dirasakan para jamaah.

“Tadi setelah salat Jumat ada pengumuman layanan cek kesehatan, jadi sekalian saya mau periksa gula darah,” kata Bambang Hermanto, salah seorang jamaah Masjid Darul Falah.

Kebanyakan, jemaah yang periksa di klinik kesehatan Masjid ini para lansia.

Muhammad Ikhsan, salah seorang jamaah lain mengaku sudah langganan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala lewat layanan masjid ini.

Menurutnya, adanya layanan kesehatan yang disediakan ini cukup membantu dirinya sehingga sekaligus sebagai antisipasi agar bisa tetap menjaga tubuh tetap bugar terlebih di saat puasa. “Sudah langganan kesini, alhamdulillah layanan ini cukup membantu saya, apalagi saya sudah lansia seperti ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Darul Falah, Muhammad Mastur mengatakan layanan ini sudah ada sejak tahun 2018. Pelayanan ini tersedia setelah sholat jum’at dengan menyesuikan jadwal di pekan kedua dan keempat setiap bulannya.

Menurutnya, ide dibuatnya layanan ini lantaran sebagian anggota takmir masjid merupakan tenaga kesehatan yang telah purna tugas. “Untuk nakesnya dari anggota takmir kami, mereka yang berprofesi sebagai dokter telah purna tugas di instansi pemerintahan menjadi relawan disini dengen membantu memberikan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, menurutnya pengelolaan dana untuk layanan tersebut berasal dari dana ummat dan donatur dari para jamaah yang dikelola masjid untuk membantu sesama lewat layanan tersebut.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Baca Juga

Komentar