RI Kebanjiran Investasi Rp30 T dari Hannover Messe - CNN Indonesia

 

RI Kebanjiran Investasi Rp30 T dari Hannover Messe

CNN Indonesia
3-3 minutes
Senin, 17 Apr 2023 15:06 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim pemerintah sudah mendapatkan kesepakatan investasi Rp30 triliun dari ajang Hannover Messe 2023.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim pemerintah sudah mendapatkan kesepakatan investasi Rp30 triliun dari ajang Hannover Messe 2023. ( CNN Indonesia/ Panji Septo).

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perindustrian mengklaim pemerintah berhasil meneken 19 perjanjian kerja sama baru di ajang Hannover Messe 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan selain kesepakatan kerja sama baru itu, pemerintah juga berhasil membawa masuk investasi yang sangat besar dari ajang tersebut.

"Melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah resmi disepakati, akan ada Rp30 triliun investasi yang masuk ke Indonesia. Tentunya kami berharap melalui Hannover Messe akan ada lebih banyak lagi investasi yang masuk," jelas Airlangga seperti dikutip dari Antara, Senin (17/40).

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto merinci 19 perjanjian kerja sama tersebut terdiri dari tiga perjanjian G to B dan 13 perjanjian B to B.

Perjanjian yang ditandatangani Minggu (16/4) mencakup kerja sama di bidang industri semikonduktor, tenaga surya, peralatan medis, pengelolaan limbah, industri kimia, pengembangan milling CNC, Internet of Things, industri digital, sistem pengisian dan baterai kendaraan listrik, investasi dan kawasan industri, keberlanjutan dan transisi energi, sumber daya manusia, serta startup dan inovasi.

Ia berharap penandatanganan kerja sama industri itu dapat membawa banyak perubahan dalam peningkatan industri di berbagai bidang dan juga membuka akses pasar industri yang lebih luas.

Hannover Messe 2023 merupakan pameran industri internasional. Pameran dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman, Olaf Scholz pada hari Minggu (16/4) malam waktu Jerman.

Berbagai kegiatan akan dilakukan dalam pameran ini; antara lain adalah Walkabout ke berbagai macam booth pada industri Indonesia yang diunggulkan. Selain itu, ada juga  serangkaian seminar, konferensi dan business summit untuk merealisasikan rencana-rencana kerja sama antara para pelaku usaha, pelaku industri, investor dan asosiasi.

(agt/dzu)

Baca Juga

Komentar