Wapres Ma'ruf Amin Bakal Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta - inews

 

Wapres Ma'ruf Amin Bakal Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta

Wapres Ma'ruf Amin Bakal Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta
Wapres Ma’ruf Amin (dok. Setwapres)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan melaksanakan salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Istiqlal Jakarta. Ini merupakan kedua kalinya Wapres melaksanakan salat id di Masjid Istiqlal Jakarta setelah pandemi Covid-19 membaik.

“Lebaran saya di Jakarta, Insya Allah salatnya di Istiqlal,” kata Wapres dikutip dari keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Baca Juga

Wapres pun menegaskan dia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun ini tidak mengadakan open house saat lebaran sebagaimana dilakukan sebelum pandemi Covid-19.

“Tidak ada open house, belum ada open house sekarang. Presiden (Jokowi) juga belum (open house),” ujar Ma'ruf.

Baca Juga

Mengenai tanggal Idul Fitri, pemerintah masih akan menunggu hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan pada 20 April 2023 mendatang.

Wapres meminta umat Islam tidak mempermasalahkan perbedaan penetapan 1 Syawal 1444 H. Diketahui, Muhammadiyah telah menetapkan lebaran pada 21 April 2023. Namun, pemerintah termasuk Nahdlatul Ulama (NU) masih menunggu hasil sidang Isbat.

Ma'ruf meminta umat muslim di Indonesia untuk menyikapi perbedaan tersebut dengan toleransi sesuai keyakinannya masing-masing.

“Maka, yang ditempuh adalah adanya sikap bisa toleransi antara dua kelompok ini untuk masing-masing. Ya lebaran sesuai dengan keyakinannya, dengan hitungannya. Jadi, bahasa Jawanya legowo,” katanya.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar