Pilihan

31 Peserta Konvoi Diamankan di Klaten Ternyata Rombongan Pesilat Mau ke Jogja - detik

 

31 Peserta Konvoi Diamankan di Klaten Ternyata Rombongan Pesilat Mau ke Jogja

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Selasa, 06 Jun 2023 12:59 WIB
Kendaraan rombongan pesilat yang diamankan di Polres Klaten. Rombongan pesilat ini disetop di Prambanan karena hendak ke Jogja, Senin (5/6/2023) malam.
Kendaraan rombongan pesilat yang diamankan di Polres Klaten. (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Sebanyak 31 orang peserta konvoi diamankan Polres Klaten karena dinilai meresahkan masyarakat. Ternyata, ke-31 orang ini adalah rombongan pesilat yang hendak menuju ke Jogja.

"Ini kelompok yang mau mengarah ke Jogja Beberapa kita amankan, ini kita identifikasi," jelas Kapolres Klaten AKBP Warsono kepada wartawan di Mapolres Klaten, Selasa (6/6/2023).

Warsono mengatakan dari hasil identifikasi rata-rata rombongan pendekar yang diamankan itu berasal dari luar Kabupaten Klaten. Ada yang dari Sukoharjo bahkan ada dari Jawa Timur.

PARALLAX IN DETAIL
300x250

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ada yang dari Sukoharjo, Boyolali bahkan ada yang dari Jawa Timur. Kita amankan saat kita melakukan pencegahan karena di Yogyakarta sudah kondusif sehingga jangan muncul masalah baru," papar Warsono.

Pemicu mereka datang, sambung Warsono, karena mereka terprovokasi di media sosial. Postingan di medsos membuat semakin ramai.

"Yang menjadi pemicu di medsos itu, di medsos jadi ramai, saling memprovokasi. Kita sampaikan ke mereka kita lakukan pembinaan jangan mudah terprovokasi, yang rugi mereka sendiri," kata Warsono.

Warsono menyebut massa tersebut bergerak karena ikut-ikutan dan Polres Klaten sudah melakukan pencegahan sampai pagi selama dua hari untuk mencegah benturan. Massa sempat menutup jalan dan dibubarkan.

"Yang kita amankan sekitar 30 orang, mereka ikut gerombolan. Tadi malam sempat menutup jalan dan kita amankan," imbuh Warsono.

Ditambahkan Warsono, rombongan tersebut tidak membawa identitas atau atribut. Tapi saat ditanya mereka mengaku rombongan pesilat.

"Mereka tidak bawa atribut, ini susahnya. Tapi kita tanya mereka itu rombongan pesilat," terang Warsono tanpa menyebut nama kelompoknya.

Kasi Humas Polres Klaten Iptu Abdillah mengatakan di Klaten tidak terjadi benturan atau bentrokan. Yang terjadi massa dihalau oleh Polres.

"Di Klaten itu disekat agar kelompok tersebut tidak bisa ke Yogya karena persoalan di sana sudah ditangani biar tidak melebar. Mereka kesal tidak bisa ke Jogja, ada pagar bambu yang dibakar di tepi jalan," ungkap Abdillah kepada wartawan.

Selengkapnya di halaman berikut.

Pantauan detikJateng di lokasi 21 unit sepeda motor dan 1 mobil masih di halaman Polres Klaten. Sepeda motor berpelat AD, K, dan mobil pelat AE.

Sebelumnya diberitakan, Polres Klaten mengamankan 31 orang yang melakukan konvoi motor tengah malam. Mereka yang diamankan berasal dari berbagai daerah di luar Klaten.

Aksi sekelompok massa itu juga viral di beberapa group media sosial dan WhatsApp. Di akun Twitter Info Jateng mengunggah rekaman video dan menyebut penampakan massa di sekitar Masjid Al Aqsha Klaten.

Pada rekaman video terlihat massa dengan motor dipinggirkan polisi ke jalur lambat. Massa berteriak dan menyalakan flare sambil terdengar teriakan menyebut nama kelompok pesilat. Terlihat juga kobaran api dan asap yang membubung.



(ams/ams)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek