Jokowi Merasa Terhormat, Indonesia Negara Pertama yang Dikunjungi Kaisar Naruhito By BeritaSatu

 

Jokowi Merasa Terhormat, Indonesia Negara Pertama yang Dikunjungi Kaisar Naruhito

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 5, 2023
Presiden Jokowi menerima kunjungan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor, Senin, 19 Juni 2023.
Presiden Jokowi menerima kunjungan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor, Senin, 19 Juni 2023.

Bogor, Beritasatu.com - Presiden Jokowi merasa terhormat dengan kunjungan Kaisar Naruhito dari Jepang ke Indonesia.

Indonesia dijadikan sebagai negara pertama yang dikunjungi Kaisar Naruhito sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada tahun 2019.

“Saya merasa sangat terhormat karena indonesia menjadi tujuan pertama kunjungan pertama bilateral kaisar jepang keluar negeri,” kata Presiden Jokowi di Istana Bogor, Senin (19/6/2023).

Jokowi berharap pertemuan tersebut semakin memperkokoh persahabatan kedua negara. “Pondasi kokoh seperti ini diperlukan untuk pengembangan kemitraan strategis dua negara kita kedepannya terutama di bidang ekonomi,” tegasnya.

Jokowi menerima kunjungan resmi Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako di Istana Bogor, Senin. Disampingi Permaisuri Masako, Kaisar Naruhito tiba di Istana Bogor pada pukul 10.00 WIB.

Penerimaan Kaisar Naruhito dilakukan sebagaimana tradisi penyambutan resmi tamu negara di Istana Bogor. Dari depan Istana, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako diiringi oleh pasukan berkuda serta korps musik dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Usai disambut Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, dilanjutkan dengan mendengarkan lagu kebangsaan Jepang, Kimigayo, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Presiden Jokowi lalu memperkenalkan delegasi Indonesia yang ikut menerima kedatangan Kaisar Naruhito. Adapun delegasi Indonesia yang hadir yaitu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Presiden Jokowi kemudian mengajak Kaisar Naruhito untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Istana Bogor. Rangkaian acara dilanjutkan dengan penanaman bersama pohon di halaman belakang dan bincang-bincang di Teras Veranda Istana.

Berbeda dengan kunjungan kenegaraan lainnya, kunjungan kali ini tidak mengadakan pertemuan bilateral, namun hanya pertemuan tete-a-tete atau perbincangan tatap muka antara Jokowi dan Kaisar Naruhito. Pertemuan tatap muka tersebut dilakukan usai menyampaikan keterangan pers di Griya Anggrek, Istana Bogor.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali ke Tokyo pada Jumat, 23 Juni 2023. Sejak tiba di Indonesia pada pada Sabtu (17/6/2023), Kaisar Naruhito telah mengunjungi Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan Stasiun Pompa Waduk Pluit, Jakarta Utara. Agenda berikutnya adalah mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar