Pilihan

Novel Baswedan: Tidak Tepat Skandal di Rutan KPK Disebut Pungli By BeritaSatu

 

Novel Baswedan: Tidak Tepat Skandal di Rutan KPK Disebut Pungli

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 12, 2023
Novel Baswedan.
Novel Baswedan.

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Novel Baswedan menilai tidak tepat jika skandal di Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK disebut sebagai praktik pungutan liar (pungli). Dia mengendus adanya unsur suap dari skandal tersebut.

"Kalau itu disebut sebagai pungli artinya meremehkan mengecilkan permasalahan. Ini lebih dari itu, ini ada pemerasan atau suap, dan itu adalah tindak pidana korupsi," kata Novel di Jakarta, Senin (26/6/2023).

Novel menekankan, seseorang ditahan dengan tujuan mencegah agar yang bersangkutan tidak menghilangkah barang bukti selama proses hukum.

Sebabnya, akan memicu bahaya jika seorang tahanan di Rutan KPK dapat mengakses informasi hingga memperoleh sejumlah bocoran terkait proses hukum yang tengah berjalan.

"Apa lagi ternyata praktik itu dilakukan dengan cara memberikan uang. Memberikan uang ini bukan pungli ya, sekali lagi saya katakan bahwa saya tidak sepakat itu dikatakan sebagai pungli," ungkap Novel.

Untuk itu, Novel mendorong agar KPK segera melaporkan skandal di rutan tersebut ke aparat penegak hukum lainnya. Dia menilai, sudah ada unsur pidana dalam skandal tersebut dan mesti segera dituntaskan.

Selain itu, Novel khawatir skandal tersebut tidak hanya sebatas pada pemberian fasilitas khusus di rutan. Dia khawatir, skandal tersebut juga ada kaitannya dengan upaya menghilangkan barang bukti.

"Saya khawatir ada sebagian yang dipakai untuk mendapatkan informasi atau kemudian memberikan kemudahan yang bersangkutan untuk komunikasi ke luar dalam rangka menghilangkan bukti," ujar Novel.

"Saya khawatir itu yang terjadi karena jumlahnya besar. Jadi jangan mengecilkan dengan menyebut pungli, ini justru malah pemerasan atau suap dan ini terkait pokok perkara," pungkasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek