Pilihan

Novel soal Pegawai KPK Terlibat Asusila: Dulu Kasus Tak Seberat Ini Dipecat - detik

 

Novel soal Pegawai KPK Terlibat Asusila: Dulu Kasus Tak Seberat Ini Dipecat

By Devi Puspitasari
detikcom
June 25, 2023
Novel Baswedan
Novel Baswedan
Jakarta -

Dewan Pengawas (Dewas) KPK menjatuhkan vonis pelanggaran etik sedang kepada pegawai rutan KPK yang melakukan pelecehan terhadap istri tahanan. Mantan penyidik KPK, Novel Baswedan, menganggap Dewas tak serius memberikan putusan tersebut.

"Saya melihat kecenderungan Dewas menganggap asusila itu sebagai hal yang tidak serius. Bukan masalah terlalu, sehingga sanksinya pun sanksi ringan," kata Novel kepasa wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (25/6/2023).

Novel mengatakan kasus asusila juga pernah terjadi antara pegawai dengan pegawai di KPK. Dia menyebut ada masalah moral serius dalam kasus asusila.

"Ternyata bukan hanya kasus ini aja sebelumnya juga ada kasus pegawai KPK lainnya terkait asusila, bahkan sesama pegawai KPK. Ini harusnya kan secara moral ini masalah yang serius ya, harusnya diberhentikan," ujarnya.

Novel kemudian membandingkan kasus pelecehan oleh pegawai rutan KPK itu dengan kasus lain yang terjadi saat dirinya masih berstatus penyidik KPK. Novel mengatakan pegawai yang kasus lebih ringan dari pelecehan disanksi pemecatan.

"Karena sebelumnya kasus-kasus yang tidak seberat ini sanksinya selalu diberhentikan, dari mana saya tau? dulu saya ketua Wadah Pegawai di KPK dan saya juga penasihat para pegawai KPK yang ikut dalam proses ketika ada masalah-masalah etik," ujarnya.

"Kemudian standar itu diturunkan bahkan masalah asusila sanksinya hanya teguran ataupun minta maaf. Maka apa yang diharapkan sama orang yang bersikap amoral, kalau sudah amoral pastilah tidak berintegritas," lanjutnya.

Dia mengatakan kasus asusila biasanya menjadi awal mula perbuatan menyimpang lainnya. Dia menduga kasus pelecehan itu bisa memicu kasus pungli dan lainnya.

"Apalagi kalau sudah berani amoral seperti itu biasanya perbuatan menyimpang lain dilakukan, bahkan untuk memenuhi kebutuhan amoralnya dia akan mencari uang dari suap dari macam-macam, jadi saya pikir ini serius," ujarnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek