DPR Minta 2 Dewan Komisioner OJK Terpilih Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat By BeritaSatu

 

DPR Minta 2 Dewan Komisioner OJK Terpilih Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Ilustrasi OJK.
Ilustrasi OJK.

Jakarta, Beritasatu.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah memilih Agusman dan Hasan Fawzi sebagai Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk masa jabatan 2023-2028. Kepada keduanya, DPR berpesan agar literasi keuangan masyarakat dapat terus ditingkatkan.

"Meningkatnya literasi keuangan suatu bangsa itu akan lebih dekat dengan kesejahteraan. OJK harus juga ikut serta dalam rangka membebaskan masyarakat kita dari risiko tinggi keamanan dan kenyamanan mereka," kata anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurniawati saat ditemui di Gedung Nusantara I, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Indah menegaskan, peningkatan literasi kian mendesak di saat semakin marak tawaran investasi ilegal maupun pinjaman online (pinjol) ilegal. Belum lagi adanya cyber fraud yang semakin masif menjebak masyarakat. Di saat yang sama, masih terdapat gap yang cukup dalam antara literasi dan inklusi keuangan.

"Penting bagi OJK mengambil peran utama untuk menjaga risiko-risiko tersebut. Caranya dengan meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Literasi keuangan konvensional saja masyarakat kita masih rendah, apalagi yang keuangan digital. Jadi perlu perhatian lebih dari OJK," kata Indah.

Dengan adanya tambahan dua DK OJK ini, Indah berharap peran OJK dalam hal pengawasan, pengaturan, dan khususnya perlindungan konsumen akan semakin kuat.

Agusman dipilih sebagai Dewan Komisioner OJK sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya.
Agusman dipilih sebagai Dewan Komisioner OJK sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya.

Agusman sendiri dipilih sebagai Dewan Komisioner OJK sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya. Agusman sebelumnya menjabat sebagai Direktur Eksekutif dan Kepala Departemen Audit Internal Bank Indonesia (BI).

Sebelum menjabat di BI, dia pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Departemen Surveillance Sistem Keuangan periode 2016-2017, Kepala Departemen Komunikasi periode 2017-2019, dan Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan periode 2019. Agusman merupakan lulusan sarjana Akuntansi Universitas Andalas tahun 1998 dan juga memperoleh gelar master jurusan Economics dan Finance dari Curtin University of Technology pada tahun 1998. Selain itu, dia juga menyandang gelar Ph.D. di bidang Banking & Finance dari Australian National University pada tahun 2006.

Sementara itu, Hasan Fawzi dipilih menjadi Dewan Komisioner OJK merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto.

Hasan sempat menjabat sebagai Direktur Pengembangan BEI melalui RUPS pada 29 Juni 2018. Sebelumnya, dia juga pernah menduduki kursi Kepala Departemen Pengembangan Sistem periode 1993-1997 di PT Kliring Depositori Efek Indonesia. Selanjutnya, dia bergabung dengan KPEI dengan posisi terakhir sebagai Kepala Divisi Teknologi Informasi pada tahun 1997-2008. Selain itu, Hasan sempat menjadi Direktur PHEI periode 2008-2012 dan Direktur Utama KPEI selama dua periode, yakni 2012-2015 dan 2015-2018.

Hasan Fawzi sebagai Dewan Komisioner
Hasan Fawzi sebagai Dewan Komisioner

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar