Pilihan

Ganjar Sebut Kirab Malam Satu Suro Bisa Jadi Wisata di Solo - detik

 

Ganjar Sebut Kirab Malam Satu Suro Bisa Jadi Wisata di Solo

jateng.inews.id
July 18, 2023
Gubernur Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah pejabat mengikuti laku topo bisu kirab pusaka malam 1 Suro,
Gubernur Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah pejabat mengikuti laku topo bisu kirab pusaka malam 1 Suro,

SOLO, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut tradisi malam satu suro di Kota Solo bisa menjadi salah satu atraksi wisata malam. Ganjar setelah mengikuti Kirab Pusaka Malam Satu Suro Pura Mangkunegaran, Selasa (18/7/2023) malam.

"Ow pasti (jadi wisata malam) karena orang pasti ingin datang," katanya.

Menurut Ganjar, antusiasme masyarakat terhadap tradisi kirab malam satu suro sangatlah tinggi. Ia juga menyebut bahwa tradisi tersebut juga unik serta memiliki suasana sakral.

"Antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Karena ini cukup unik ada suasana sakralnya. Di Jateng banyak sekali, ini baru yang di sini," jelas dia.

Ganjar juga mengatakan ritual Kirab Pusaka Pura Mangkunegaran adalah acara yang menarik. Tradisi kebudayaan lama yang hingga kini masih berjalan.

"Acara ritual yang menurut saya bagus. Jadi kebudayaan yang masih berjalan, menarik ya," katanya.

Ganjar dalam kesempatan itu juga ikut laku topo bisu atau mengelilingi Pura Mangkunegaran tanpa bicara. Ia bersama pejabat lain seperti Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Anggota DPR RI Aria Bima.

"Yang ikut kirab jalan terus yang tidak ikut kirab berhenti di sini sambil berdoa," tutupnya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek