Peristiwa Sejarah Hari Ini - 18 Juli: Lahirnya Kabupaten Madiun dan Pemberontakan Spanyol Renggut 1 Juta Nyawa - inews

 

Peristiwa Sejarah Hari Ini: Lahirnya Kabupaten Madiun dan Pemberontakan Spanyol Renggut 1 Juta Nyawa

inews.id
July 17, 2023
Jenderal Francisco Franco, mantan diktator Spanyol memimpin pemberontakan di negara itu pada 18 Juli 1936
Jenderal Francisco Franco, mantan diktator Spanyol memimpin pemberontakan di negara itu pada 18 Juli 1936

JAKARTA, iNews.id - Peristiwa sejarah hari ini, 18 Juli, ada beragam kejadian, di dalam maupun luar negeri. Di dalam negeri, 18 Juli diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Sementara itu di luar negeri, tanggal ini juga menjadi saksi pedih perang saudaa di Spanyol yang merenggut hingga 1 juta jiwa.

Berikut peristiwa sejarah hari ini, 18 Juli, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. 18 Juli 1568: Hari Jadi Kabupaten Madiun

Terbentuknya Kabupaten Madiun, dahulu bernama Purabaya, ditandai dengan pelantikan Pangeran Timur atau Ki Ageng Ronggo Jumeno sebagai Bupati Purabaya. Hal ini sekaligus mengakhiri pemerintahan atas nama Kerajaan Demak di wilayah tersebut sejak 1518.

Pada 1586, kepemimpinan Purabaya berada di tangan Raden Ayu Retno Dumilah, putri Pangeran Timur. Dia tercatat sebagai bupati perempuan pertama di Jawa.

2. 18 Juli 1918: Nelson Mandela Lahir

Pria dengan nama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela dilahirkan di Mvezo, Afrika Selatan, pada 18 Juli 1918. Mandela dikenal sebagai seorang revolusioner antiapartheid serta politikus ulung.

Mandela merupakan orang Afrika Selatan kulit hitam pertama yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan, yakni pada periode 1994 hingga 1999. Kini, tanggal kelahirannya diperingati sebagai Hari Nelson Mandela.

3. 18 Juli 1925: Buku Mein Kampf Terbit

Adolf Hitler menerbitkan buku manifesto politik berjudul Mein Kampf. Buku tersebut ditulis saat dia berada di penjara Landsberg. Hitler dihukum karena berkhianat atas perannya dalam Beer Hall Putsch.

Bersama antek-anteknya, Hitler berusaha melakukan kudeta serta menguasai pemerintahan di Bavaria. Akibatnya, dia dijatuhi hukuman 5 tahun penjara namun dia hanya menjalani hukuman 9 bulan.

Pada buku Mein Kampf, Hitler berbicara tentang pandangannya atas Jerman di masa depan. Selain itu, dia juga menggambarkan rencana masa depan untuk bangsa Yahudi. Pada 2015, masa berlaku hak cipta buku Mein Kampf di Jerman telah berakhir.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

4. 18 Juli 1936: Pemberontakan oleh Fransisco Franco

Pemberontakan dipimpin oleh perwira Jenderal Fransisco Franco pecah di Spanyol. Kejadian itu memicu pecahnya Perang Saudara di negara tersebut.

Dari Kepulauan Canary, Jenderal Fransisco Franco menyiarkan pesan yang menyerukan semua perwira militer untuk bergabung dalam pemberontakan serta menggulingkan pemerintah Republik dari sayap kiri. Hingga akhirnya pada 28 Maret 1939, Partai Republik menyerahkan Madrid yang mengakhiri perang saudara Spanyol. Sekitar 1 juta nyawa hilang akibat konflik ini.

5. 18 Juli 1961: Lahirnya Ikatan Pelajar Muhammadiyah

IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak di bidang dakwah serta kaderisasi di kalangan pelajar.

IPM terbentuk pada 18 Juli 1961. Saat itu, ketua umum dijabat oleh Herman Helmi Farid Ma’ruf serta Sekretaris Umum dijabat Muh Wirsyam Hasan.

Melansir laman ipm.or.id, saat ini fokus gerakan IPM adalah membela kaum pelajar serta memperjuangkan pendidikan yang lebih baik guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar