Hari Anak Nasional, Orang Tua Perlu Pahami Gaya Belajar Anak By BeritaSatu

 

Hari Anak Nasional, Orang Tua Perlu Pahami Gaya Belajar Anak

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 10, 2023
Ilustrasi anak-anak sedang belajar.
Ilustrasi anak-anak sedang belajar.

Jakarta, Beritasatu.com - Menyambut Hari Anak Nasional (HAN), penting bagi orang tua khususnya ibu agar mengenali karakteristik anak yang berbeda-beda, terutama dalam gaya belajar.

Psikolog Irma Gustiana A, SPsi MPsi mengatakan gaya belajar itu adalah cara seseorang memproses dan menilai sebuah informasi. Irma mengatakan ada tiga tipe belajar buat anak.

Pertama ada tipe gaya belajar visual. "Jadi, anak-anak yang gaya belajar visual itu cenderung ke penglihatan. Anak lebih senang belajar dengan penglihatannya untuk bisa mengingat sebuah pesan atau informasi. Nah, biasanya mereka senang segala sesuatu yang colorful, ada ilustrasi gambar, ada infografis, dan itu membuat mereka menikmati cara belajarnya," ujar Irma dalam Moms Chit-Chat dengan topik “Temukan Gaya Belajar Seru untuk Si Kecil," yang digelar Lotte Choco Pie di Jakarta, Minggu (23/7/2023) dikutip Antara.

Lalu kedua adalah tipe gaya belajar auditori yang berhubungan dengan pendengaran. Irma mengatakan dengan gaya belajar ini cara belajarnya itu lebih dominan dengan cara mendengarkan orang lain atau sebuah objek.

Anak dengan tipe ini biasanya ketika di kelas anak ini seperti tidak memperhatikan guru tetapi sebenarnya mendengarkan apa yang diajarkan oleh gurunya.

"Nah, biasanya kalau untuk anak-anak auditori ini, kita menganjurkan orang tua mengajak mereka belajarnya itu read aloud (membaca dengan lantang). Kalau anak visual kan sambil silent aja dia bisa belajar, sambil dia coret, sambil dia lihat yang lain. Kalau anak auditori, dia baca ettapi dia bersuara sehingga suaranya tadi dia dengar. Pesan-pesan itu yang nanti dia ingat," jelasnya.

Terakhir, tipe gaya kinestetis. Dipaparkan Irma untuk tipe kinestetis ini biasanya anak belajar tetapi dia banyak pindah-pindahnya. Kelihatan seperti gelisah tetapi sebenarnya dia lagi belajar.

"Mungkin 5 menit dia tengkurap, habis itu nanti dia sambil selonjoran, terus pindah posisi yang lain tetapi sambil bawa buku atau sambil mendengarkan sesuatu tapi dia bergerak. Nah itu adalah kinestetis," katanya.

Tiga tipe gaya belajar tersebut menurut Irma bisa terjadi sama siapa pun. "Jadi setiap orang punya gaya dan tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar karena setiap orang menikmati proses belajar itu rasanya beda-beda," katanya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar