Pilihan

Jokowi Tinjau Jalan Solo-Purwodadi: Dari Saya Kecil Tak Pernah Beres By CNN Indonesia

 

Jokowi Tinjau Jalan Solo-Purwodadi: Dari Saya Kecil Tak Pernah Beres

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
July 23, 2023
Ilustrasi. Mobil Presiden Jokowi saat menerjang jalan rusak. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo meninjau langsung perbaikan jalan Surakarta-Gemolong-Purwodadi, Minggu (23/7).

Ia meninjau langsung lokasi itu dengan ditemani oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Ya ini sama seperti yang saya lihat di provinsi-provinsi lain. Ini kita ingin memperbaiki, mempercepat utamanya jalan-jalan provinsi, jalan-jalan kabupaten, jalan-jalan kota di seluruh Tanah Air yang kita anggarkan pada tahap pertama Rp7 Triliun, nanti tahap kedua Rp7 Triliun untuk tahun ini," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (23/7).

Ia memuji kondisi jalan Provinsi Jawa Tengah. Menurutnya, kemantapan jalan di sana lebih tinggi dibanding dengan provinsi lain.

"Jawa Tengah saya lihat kemantapan jalannya jalan provinsinya, bagus kalau saya bandingkan kemarin di Sumatra rata-rata 60-an persen, di sini tadi saya dapat laporan dari Kementerian PU sudah 88 persen," ujar dia.

Meski demikian, Jokowi menyebut Jalan Solo-Purwodadi yang ia tinjau hari ini sebagai pengecualian. Ia mengakui jalanan itu memang sudah sejak lama jelek.

"Jalan ini, ini memang saya dari kecil saya kan tiap hari, tiap hari lewat jalan ini, enggak pernah beres," ucapnya.

Jokowi berharap dengan konstruksi yang menelan biaya dua kali lebih mahal, Jalan Solo-Purwodadi dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Menurutnya, langkah yang diambil ini dapat membuat jalan itu awet digunakan hingga lebih dari 10 tahun ke depan.

"Karena kalau pake aspal hampir, mungkin enggak ada dua tahun rusak lagi," tegas Jokowi.

(mnf/isn)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek