Kampung Unik di Purwakarta, Singgah ke Desa Terpencil di Pegunungan Warganya Dikenal Kreatif - inews

 

Kampung Unik di Purwakarta, Singgah ke Desa Terpencil di Pegunungan Warganya Dikenal Kreatif

inews.id
July 28, 2023
Kampung unik di Purwakarta
Kampung unik di Purwakarta

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Purwakarta sangat menarik untuk dijelajahi. Purwakarta merupakan kota kecil di Jawa Barat, yang memiliki pemandangan menakjubkan.

Kota ini dikenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum terlalu banyak terjamah oleh manusia. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Purwakarta adalah Gunung Cikuray. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.821 meter di atas permukaan laut dan menjadi destinasi favorit bagi para pendaki karena pemandangan dari puncaknya yang sangat memukau.

Selain itu, ada juga Curug Orok yang wajib dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Salah satu pemandangan ikonik yang ada di Purwakarta adalah Bendungan Jatiluhur yang punya pemandangan layaknya luar negeri.

Untuk urusan kuliner, jangan lupa mencicipi Sate Maranggi, Seblak, dan Nasi Tutug Oncom yang sangat lezat dan menggugah selera. Namun, di balik keindahan tersebut, adapula kampung unik yang akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama.

Ya, kampung unik tersebut ada di Desa Tegalwaru atau dijuluki sebagai Kampung Ilmu. Penasaran ingin tahu seperti apa suasana Kampung Ilmu di Purwakarta ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (28/7/2023).

Kampung Unik di Purwakarta

Kampung unik di Purwakarta ini ada di Kampung Ilmu, yang berlokasi di Desa Cisarua Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Daerah ini bisa dibilang terpencil karena terletak di antara Gunung Bongkok dan Gunung Parang. Jarak dari pusat kota Purwakarta pun bisa mencapai 2 jam perjalanan melalui pintu tol Jatiluhur di Purbaleunyi.

Keunikan dari kampung ini adalah masyarakat desa diajarkan mengenai ilmu pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kesejahteraan. Tempat ini dikembangkan dengan tujuan membangun karakter, mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta tempat berbagi pengalaman yang diselenggarakan secara partisipatif dan integratif.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Majukan Pendidikan Masyarakat Sekitar

Pendidikan merupakan pintu untuk mengembangkan kemampuan atau keterampilan, serta membentuk watak anak didik menjadi pribadi yang mencerminkan bangsa. Dengan adanya pendidikan, masyarakat mampu mempersiapkan dan bertahan hidup dalam lingkup sosial serta mengingkuti pergerakan arus zaman dengan baik.

Salah satu gagasan unik pun, dilakukan di Kampung Ilmu yang ada di Purwakarta. Tempat ini dikembangkan dengan tujuan membangun karakter, mengembangkan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan juga keterampilan. Kampung ilmu memiliki konsep pengembangan komunitas atau masyarakat yang fokus untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan keterampilan hidup. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada di sekitar mereka.

Pembelajaran Tanpa Sekat

Berbeda dengan sistem pembelajaran di sekolah pada umumnya, proses pendidikan di Kampung Ilmu diselenggarakan tanpa sekat, atau pun aturan yang kaku. Para guru, mentor dan peserta didik secara bebas merancang tema dan metode pembelajaran dari waktu ke waktu. Selain pendidikan formal, beberapa sentra pembelajaran nonformal juga mulai tumbuh. Beberapa area ini sangat mendukung terwujudnya pemerataan Ilmu bagi seluruh masyarakat desa.

Sentra-sentra yang dimaksud antara lain kebun ilmu, tempat belajar pembibitan dan budidaya tanaman sayur, buah dan tanaman hias. Selain itu juga ada rumah inspirasi, tempat pelatihan budidaya ikan. Kemudian, ada kebun impian, tempat pengolahan sampah organik, budidaya maggot, dan pengolahan air. Ada juga saung kembar, camping ground, tempat berbagai aktivitas pemuda. Selain itu, Vila Kambing Cigadog yang menjadi sentra peternakan kambing perah sebagai tempat rintisan pemberdayaan warga. Kemudian ada rumah digital, tempat ini akan digunakan sebagai pusat pelatihan teknologi informasi.

Itulah seputar kampung unik di Purwakarta yang bisa dijelajahi, jangan lewatkan singgah ke Kampung Ilmu.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar