Panglima TNI: Situasi Terkini di Dogiyai Papua Tengah Sudah Kondusif By BeritaSatu

 

Panglima TNI: Situasi Terkini di Dogiyai Papua Tengah Sudah Kondusif

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kondisi di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah yang sempat memanas kini telah kondusif. Kerusuhan terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah setelah warga sipil diduga terkena tembakan aparat Satgas Damai Cartenz.

"Sudah diselesaikan, sekarang sudah kondusif setelah saya memerintahkan tim bersama kapolres langsung menuju ke Dogiyai," kata Yudo kepada wartawan pada Jumat (14/7/2023).

Lebih lanjut, Yudo menegaskan bahwa tidak ada penambahan pasukan untuk mengatasi kerusuhan di Dogiyai.

"Tidak ada penambahan, pasukan yang ada tetap, pasukan organik maupun nonorganik, sudah cukup," tambahnya.

Sebelumnya, pada Kamis siang (13/7/2023), tim Satgas Damai Cartenz diadang oleh sekelompok orang tak dikenal di Kampung Idakebo, Distrik Kamu Utara, Kabupaten Dogiai, Papua Tengah.

Serangan tersebut terjadi saat anggota Satgas sedang mengantar salah satu anggota yang sakit ke Rumah Sakit Paniai. Mereka tiba-tiba diadang oleh tujuh orang tak dikenal di tengah perjalanan.

"Pada saat anggota kami merespons pengadangan tersebut dengan membuka pintu mobil, tiba-tiba dari belakang satu orang tak dikenal melemparkan kampak ke arah mobil, sehingga kaca pecah dan salah satu anggota kami terluka di pelipis kiri akibat terkena kampak," ungkap Kasatgas Humas Damai Cartenz, Charles Goo, pada Kamis (13/7/2023).

Bukan hanya itu, kelompok tak dikenal tersebut juga mencoba merampas senjata, tetapi upaya tersebut berhasil digagalkan. "Kami meresponsnya dengan menembak untuk membubarkan kelompok tak dikenal tersebut dan melakukan pengejaran ke arah gunung," tambah Donny.

Pada Kamis malam, dilaporkan bahwa warga sekitar menemukan seorang warga sipil tewas di lokasi yang tidak jauh dari tempat penghadangan. Diduga warga tersebut tewas akibat tembakan dari aparat yang senjatanya hendak dirampas.

Akibat kejadian itu, puluhan rumah di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah dilaporkan dibakar pada Kamis malam hingga Jumat (14/7/2023) pagi. Berdasarkan data dari Polres Dogiyai, total ada 69 bangunan yang terbakar.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar