Sektor Peternakan Ditengarai Jadi Penyebab Kelangkaan LPG 3 Kilogram di Kediri By BeritaSatu

 

Sektor Peternakan Ditengarai Jadi Penyebab Kelangkaan LPG 3 Kilogram di Kediri

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 17, 2023
Bupati Kediri Hanindhito Himawan melakukan sidak lapangan atas aduan kelangkaan gas elpiji tiga kilogram bersubsidi diwilahnya, Rabu, 26 Juli 2023.
Bupati Kediri Hanindhito Himawan melakukan sidak lapangan atas aduan kelangkaan gas elpiji tiga kilogram bersubsidi diwilahnya, Rabu, 26 Juli 2023.

Kediri, Beritasatu.com - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, melakukan inspeksi mendadak terkait kelangkaan gas LPG 3 kilogram di wilayahnya pada Rabu (26/7/2023). Hasil inspeksi menunjukkan bahwa salah satu penyebab kelangkaan tersebut adalah penggunaan LPG bersubsidi yang tidak sesuai peruntukkannya, khususnya di sektor peternakan.

Bupati Kediri, yang akrab disapa Mas Dhito itu menyatakan bahwa banyak LPG 3 kilogram digunakan di sektor peternakan, padahal seharusnya sektor tersebut dilarang menggunakan jenis gas tersebut. Larangan tersebut didasarkan pada Surat Edaran (SE) Dirjen Migas No. B-2461/MG.05/DJM/2022.

Surat edaran tersebut menyatakan bahwa restoran, hotel, usaha penatu, usaha batik, usaha tani tembakau, usaha jasa las, usaha peternakan, dan usaha pertanian--selain yang dikecualikan oleh Perpres Nomor 38 Tahun 2019 dan yang belum dikonversi--tidak diizinkan menggunakan gas elpiji tabung 3 kilogram.

Mas Dhito menekankan bahwa penggunaan LPG 3 kilogram di sektor peternakan cukup signifikan, terutama karena gas tersebut banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemanasan anak ayam berusia 1-10 hari. Untuk mengatasi kelangkaan ini, bupati Kediri berencana mengumpulkan para peternak guna mencari solusi yang tepat.

"Selain masalah penggunaan tidak sesuai peruntukan, kelangkaan LPG juga disebabkan oleh beberapa acara hajatan masyarakat dalam sebulan terakhir. Selain itu, beberapa distribusi dari depo ke agen, serta dari agen ke pangkalan saat hari libur nasional juga tidak dilakukan," ungkapnya.

Di sisi lain, Plt Kepala Dinas Ketahanan Panganan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih, menyatakan bahwa dari catatannya, terdapat 198 peternak ayam broiler yang menggunakan LPG 3 kilogram sebagai penghangat untuk ayam usia 1-10 hari selama satu periode masa pemeliharaan.

Untuk keperluan tersebut, para peternak bisa menggunakan hingga 9.900 tabung gas selama satu periode. "Dalam setahun, bisa 2-3 periode. Tinggal dikali saja, maka jumlah tabung gas yang dibutuhkan sudah banyak," ungkapnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar