Sempat Hanyut di Pantai, Mahasiswa Spanyol Rombongan UB Ditemukan Selamat By BeritaSatu

 

Sempat Hanyut di Pantai, Mahasiswa Spanyol Rombongan UB Ditemukan Selamat

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Caption foto:Mahasiswa Kedokteran Ana Brieva Ramirez asal Spanyol ditemukan dalam keadaan selamat di Pantai Bantol, Kecamatan Bantur, Minggu, 9 Juli 2023
Caption foto:Mahasiswa Kedokteran Ana Brieva Ramirez asal Spanyol ditemukan dalam keadaan selamat di Pantai Bantol, Kecamatan Bantur, Minggu, 9 Juli 2023

Malang, Beritasatu.com - Mahasiswa kedokteran asal Spanyol rombongan Universitas Brawijaya (UB) Malang yang dilaporkan hilang berhasil ditemukan selamat pada Minggu (9/6/2023) siang. Bersama empat rekannyanya rombongan UB, mahasiswa tersebut pada Sabtu (8/7/2023) pagi dilaporkan hanyut di Pantai Jembatan Panjang, Tanjung Sirap, Desa Sumber Bening Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik menjelaskan, korban selamat itu diketahui bernama Ana Brieva Ramirez (23). Ia adalah mahasiwa Universitas De Valladolid (WNA Spanyol) yang mengikuti program study exchange Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB).

"Korban ditemukan pukul 10.45 WIB telah dievakuasi dari Pantai Bantol Donomulyo ke Posko Pencarian Pantai Jembatan Panjang Bantur dalam keadaan masih bernyawa dan sadar," katanya kepada Beritasatu.com

Taufik menambahkan, korban kemudian langsung ditangani oleh tim medis dr. Aurick. Saat ini, korban juga masih dalam pengawasan yang ketat dari tim medis.

"Selanjutnya kami evakuasi ke Puskesmas Bantur, dalam pantauan ketat tim medis dan pengamanan dari Polsek Bantur," jelasnya.

Sebelumnya, satu korban juga berhasil ditemukan selamat yakni M Ruspandi (24) atau yang akrab disapa Pendik, mahasiswa Universitas Brawijaya asal Desa Kolagen, Kecanatan Tajinan, Kabupaten Malang.

Pendik mengaku dirinya awalnya berniat menolong dua rekannya, mahasiswa asing yang tenggelam terbawa ombak saat surfing di Pantai Jembatan Panjang pada Sabtu (8/7/2023). Keduanya adalah Jana Olivia asal Swiss dan Brieva Ramirez asal Spanyol.

Dirinya menceburkan diri ke laut di tengah gelombang ombak saat air laut pasang. Saat itu, ia memakai pelampung.

Sebelumnya, rekannya bernama Bayu sudah menceburkan diri ke laut untuk menolong dua WNA itu. Namun, ombak yang besar membuatnya kesulitan. Ia sendiri juga mengalami kesulitan karena hempasan ombak besar. Hingga kemudian, ia tergulung ke tengah laut.

Beberapa kali dirinya meminta bantuan nelayan yang sedang memancing, namun suaranya tidak terdengar. Hingga sembilan jam kemudian, ia berhasil ditemukan petugas.

Lima orang yang terseret ombak yaitu Ana Brieva Ramirez (24) warga negara Spanyol dan Jana Olivia Soland (24) berasal dari Swiss. Kemudian tiga orang lainnya adalah Made, Bayu dan Pendik, ketiganya tour leader atau guide rombongan. Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban Jana Olivia Soland asal Swiss serta Made dan Bayu.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar