Pilihan

Soal Tembak Mati Begal, Bobby Nasution Respons Kritik Kontras dan LBH By BeritaSatu

 

Soal Tembak Mati Begal, Bobby Nasution Respons Kritik Kontras dan LBH

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Wali Kota Medan, Bobby Nasution.
Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Makassar, Beritasatu.com - Wali Kota Medan, Bobby Nasution merespons kritik yang dilontarkan Kontras dan LBH terkait dukungannya terhadap kepolisian menembak mati begal.

Bobby menyebut, pernyataannya itu ditujukan kepada aparat yang berwenang sesuai dengan prosedur yang ada. Pernyataannya tesebut, kata Bobby, tidak ditujukan kepada masyarakat untuk melakukan main hakim sendiri.

"Saya kan menyerukan kepada petugas ya. Saya rasa kalau bilang 'masyarakat ayo ramai-ramai hukum di tempat', kan tidak. Yang kita serukan adalah kepada penegak hukum bukan kepada masyarakat. Jadi saya rasa memang kalau polisi enggak boleh nembak jadi gimana dong, memang tugasnya. Prosedur kan sudah ada," tuturnya saat ditemui di kawasan CPI, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (12/7/2023) malam .

Bobby menegaskan aksi kriminal begal sadis di Medan yang beringas dan tidak segan membunuh korban sudah sangat meresahkan. Untuk itu, perlu tindakan tegas pihak kepolisian agar kondisi aman dan kondusif serta masyarakat tidak menjadi korban kejahatan jalanan lagi.

Dikatakan, sebelum mengeluarkan pernyataan dukungan terhadap aparat menindak tegas begal, Pemkot Medan telah melakukan tindakan pencegahan atau preventif. Selain program beasiswa, Pemkot Medan juga banyak membekali warga dengan pelatihan kerja.

"Kita sudah banyak program-program yang terkhusus untuk pemuda, apalagi banyak pelaku begal ini masih usia produktif. Contohnya banyak beasiswa kita kucurkan dari tahun kemarin sampai tahun ini, program menunjang prestasi akademik, pelaku usaha juga kita beri bantuan, Kalau tidak mau ikut, ya gimana lagi dong," kata menantu Presiden Jokowi ini.

Sebelumnya, Kontras menilai pernyataan Bobby Nasution yang mendukung tembak mati begal arogan. Kontras pun mendesak Bobby meminta maaf atas pernyataan yang dinilai abai terhadap hak asasi manusia (HAM) dan seakan mendukung kepolisian melakukan tindakan sewenang-wenang.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek