Berkat CCTV, Polisi Ringkus Senior yang Membunuh Mahasiswa Sastra Rusia UI By BeritaSatu

 

Berkat CCTV, Polisi Ringkus Senior yang Membunuh Mahasiswa Sastra Rusia UI

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 24, 2023
Wakasatreskrim Polres Depok AKP Nirwan memberi keterangan terkait pembunuhan mahasiswa UI yang dibunuh seniornya.
Wakasatreskrim Polres Depok AKP Nirwan memberi keterangan terkait pembunuhan mahasiswa UI yang dibunuh seniornya.

DepokBeritasatu.com - Kurang dari tiga jam, pihak Satreskrim Polres Metro Depok bersama Polsek Beji berhasil menangkap Altafasalya Ardnika Basya atau AAB (23), mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Fakultas Ilmu Budaya jurusan Sastra Rusia yang membunuh juniornya, Muhammad Naufal Zidan atau MNZ (19).

Wakasat Reskrim Polres Metro Depok AKP Nirwan Pohan menjelaskan, AAB ditangkap di kamar kosnya yang tak jauh dari rumah indekos korban, di jalan Jalan Masjid Alfarouq, RT 3/RW 1, Kukusan, Beji, Kota Depok.

"Kurang dari tiga jam, alhamdulillah pelaku berhasil kami bekuk, saat pelaku hendak meninggalkan kosnya", ujar Nirwan, Jumat (4/8/2023). Penangkapan terhadap pelaku dilakukan setelah polisi memeriksa sejumlah saksi, termasuk CCTV yang ada di sekitar lokasi.

"Dari rekaman CCTV, kami menunjukkan kepada saksi foto terduga pelaku, yang juga masih teman korban. Saat di tunjukkan kepada saksi, saksi mengenali foto di CCTV tersebut yaitu AAB," tambah Nirwan.

Hingga berita ini dibuat, AAB masih diperiksa secara intensif di Mapolrestro Depok. Atas perbuatanannya pelaku terancam dijerat Pasal 340 juncto 338 KUHP dan atau 365 ayat (3) KUHP, tentang pembunuhan dan pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Diberitakan Beritasatu.com sebelumnya, Polres Depok mengungkap kasus tewasnya mahasiswa UI berinisial MNZ (19) yang ditemukan terbungkus plastik di sebuah kamar kos di Kukusan, Beji, Depok, Jumat (4/8/2023). MNZ yang dibunuh seniornya kuliah di Fakultas Ilmu Budaya, jurusan Sastra Rusia. Saat ditemukan, ada sejumlah luka di tubuh MNZ.

Kamar kos tempat mahasiswa UI dibunuh di Jalan Palakali, Kukusan, Beji Depok, Jumat 4 Agustus 2023.
Kamar kos tempat mahasiswa UI dibunuh di Jalan Palakali, Kukusan, Beji Depok, Jumat 4 Agustus 2023.

"Untuk luka, tusukan. Pada saat kami temukan, mayat itu dibungkus kantong sampah hitam, dibungkus dua lapis ditaruh di kolong tempat tidur," kata Wakasatreskrim Polres Depok AKP Nirwan, Jumat (4/8/2023).

Adapun motif pembunuhan mahasiswa UI tersebut dipicu masalah ekonomi. Pelaku AAB terlilit pinjol dan iri dengan kesuksesan MNZ. "Kemudian mengambil laptop dan HP korban," jelasnya.

AKP Nirwan menyampaikan, MNZ tewas sejak Rabu (2/8/2023). Namun mayatnya baru diketahui hari ini Jumat (4/8/2023).

"Tadi, piket Reskrim menerima laporan sekitar pukul 10.00 WIB, ada penemuan mayat di kamar kos daerah Kukusan langsung kami ke sana olah TKP. Mayat terbungkus dalam plastik warna hitam, di bawah kolong tempat tidur," ujarnya.

"Dalam kamar itu berantakan, tetapi terlihat sempat dibersihkan. Dari situ kami mencari keterangan saksi-saksi. Kurang dari tiga jam, alhamdulillah pelaku berhasil kami bekuk," jelasnya.

Baca Juga

Komentar