Bersejarah! India Jadi Negara Keempat Berhasil dalam Misi Pendaratan ke Bulan - inews

 

Bersejarah! India Jadi Negara Keempat Berhasil dalam Misi Pendaratan ke Bulan

inews.id
August 23, 2023
India berhasil mendaratkan wahana luar angkasa ke bulan
India berhasil mendaratkan wahana luar angkasa ke bulan

MUMBAI, iNews.id - India mengumumkan berhasil dalam misi pendaratan ke bulan. India menjadi negara keempat yang sukses setelah Amerika Serikat (AS), Rusia, dan China.

Misi pendaratan di bulan lewat wahana antariksa Chandrayaan-3 tiba tanpa ada kendala berarti seperti dilansir dari Reuters, Rabu (23/8/2023). Perdana Menteri India Narendra Modi yang berada di Afrika Selatan dalam pertemuan BRICS langsung mengungkapkan sukacitanya.

"Ini adalah sorak-sorai kemenangan India baru," kata Modi.

Pendaratan ini berhasil beberapa hari setelah wahana pendarat serupa milik Rusia mengalami kecelakaan.

Para ilmuwan dan pejabat saling bertepuk tangan, bersorak, dan berpelukan saat wahana antariksa mendarat yang dipantau dari Badan Riset Antariksa India (ISRO) di Bangalore.

"India berada di bulan," kata Kepala ISRO S Somanath.

Chandrayaan berarti kendaraan bulan dalam bahasa India dan Sanskerta. Pada tahun 2019, misi Chandrayaan-2 ISRO berhasil melepaskan sebuah pembawa pesawat tetapi pendaratnya mengalami kecelakaan.

Chandrayaan-3 diharapkan akan berfungsi selama dua minggu, menjalankan serangkaian eksperimen termasuk analisis spektrometer terhadap komposisi mineral permukaan bulan.

Medan yang kasar membuat pendaratan di kutub selatan menjadi sulit, dan pendaratan pertama ini bersifat bersejarah. Es di wilayah tersebut dapat menyediakan bahan bakar, oksigen, dan air minum untuk misi-misi masa depan.

Doa-doa diadakan di tempat-tempat ibadah di seluruh negeri, dan anak-anak sekolah melambaikan bendera India saat mereka menunggu tayangan langsung dari pendaratan tersebut.

Anak-anak berkumpul di tepi sungai Ganga, yang dianggap suci oleh umat Hindu, untuk mendoakan pendaratan yang aman, dan masjid-masjid juga menggelar doa bersama.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar