Biaya Pengobatan Sultan Korban Kabel Fiber Optik Ditanggung Kapolri - Kompas

 

Biaya Pengobatan Sultan Korban Kabel Fiber Optik Ditanggung Kapolri - Kompas.com



JAKARTA, KOMPAS.com - Fatih selaku ayah Sultan Rif'at Alfatih mengungkapkan, seluruh biaya pengobatan anaknya ditanggung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sultan merupakan mahasiswa yang lehernya terjerat kabel fiber optik pada 5 Januari 2023.

"Seluruhnya (proses pengobatan Sultan) insya Allah sudah ditanggung pak Kapolri," kata Fatih di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat (4/8/2023).

Menurut Fatih, informasi soal biaya ditanggung Kapolri ini ia dapatkan dari Kapusdokkes dr. Asep Hendradiana dan Kepala Rumah Sakit Polri Brigjen Hariyanto.

Ia mengatakan, pembiayaan itu murni atas nama kemanusiaan. Fatih mengucapkan rasa syukur atas perhatian Kapolri terhadap kasus yang menimpa Sultan.

"Ini memang satu atensi yang luar biasa dari Pak Kapolri. Atensi murni atas nama kemanusiaan untuk membantu pengobatan anak saya," ujar Fatih.

Sultan sedang menjalani rawat inap di RS Polri berdasarkan arahan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kapusdokkes dr Asep Hendradiana.

Dalam menangani Sultan melalui tim gabungan dokter spesialis, pihak RS Polri berkolaborasi dengan RS Cipto Mangunkusumo dan RS Fatmawati.

Terkait penanganan di RS Polri, para dokter berfokus pada peningkatan berat badan Sultan.

Hariyanto menyampaikan, perbaikan gizi dilakukan lantaran berat badan Sultan saat ini adalah 46,5 kilogram, sedangkan tingginya adalah 182 sentimeter.

Dikutip dari situs resmi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan, berat badan ideal untuk laki-laki dengan tinggi 180-183 sentimeter adalah 68-77 kilogram.

Sementara itu, untuk perawatan lainnya, baru akan dilakukan setelah kondisi Sultan secara umum dan berat badannya membaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Komentar