Pilihan

Diguyur Hujan, Polusi Udara Jabodetabek Belum Membaik Pagi Ini By CNN Indonesia

 

Diguyur Hujan, Polusi Udara Jabodetabek Belum Membaik Pagi Ini

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Ilustrasi. Hujan yang mengguyur sebagian Jakarta dan sekitarnya pada Minggu
Ilustrasi. Hujan yang mengguyur sebagian Jakarta dan sekitarnya pada Minggu
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan yang mengguyur sebagian Jakarta dan sekitarnya pada Minggu malam (27/8) belum memberikan dampak signifikan pada perbaikan kualitas udara di wilayah Jabodetabek. Tercatat, pagi ini kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya masih cukup buruk.

Merujuk situs pemantau kualitas udara IQAir, Senin (28/8) pukul 09.09 WIB, 10 besar kota-kota dengan kualitas udara buruk seluruhnya dari kota-kota satelit Jakarta.

Peringkat pertama diduduki oleh Kota Depok yang mendapat skor indeks kualitas udara 189 US AQI yang berstatus tidak sehat. Polutan utama di Kota Depok adalah PM 2,5 yang mencapai 129 µg/m³, atau 25,8 kali lebih tinggi dari nilai pedoman kualitas udara dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

PM 2,5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari atau sama dengan 2,5 µm (mikrometer). Sumber PM 2,5 di antaranya debu, jelaga, kotoran, hingga serbuk sari.

Cuaca Kota Depok cenderung berkabut dengan temperatur 27 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 73 persen. Angin di Depok sekitar 5,5 km per jam dan tekanan udara 1.011 milibar (mbar).

Di posisi kedua ada Tangerang Selatan, Banten dengan skor 170 AQI US. Konsentrasi PM 2,5 di Tangsel 94µg/m³.

Di peringkat ketiga ada Serang, Banten. Kualitas udara di Serang menurut situs itu masuk dalam kategori tidak sehat dengan skor 166 AQI US.

Berikutnya di posisi keempat ada Karawang, Jawa Barat dengan skor 162 AQI US. Selanjutnya, Cileungsi, Jawa Barat menggenapi posisi lima besar kota dengan kualitas udara buruk pagi ini dengan skor 160 AQI US.

Pasarkemis duduk di posisi keenam dengan skor 159 AQI US, disusul Jakarta dengan skor 156 AQI US. Kualitas udara di Jakarta masih masuk dalam kategori tidak sehat.

Selanjutnya, ada Serpong, Banten di peringkat delapan dengan skor 153 AQI US, Bekasi dengan skor 152 AQI US, dan Cibinong menutup posisi 10 besar dengan skor 152 AQI US.

Sebelumnya, hujan lebat mengguyur sebagian Jawa Barat, terutama Bogor, dan Jakarta, Minggu (27/8), mengakhiri hari-hari tanpa hujan di wilayah ini.

Merujuk catatan hujan harian Jabodetabek BMKG per Minggu (27/8), beberapa stasiun menampilkan angka curah hujan, di antaranya ARG Tomang (Jakarta Barat) 6,2 mm, Pompa Cideng (Jakbar) 3 mm, Katulampa (Jawa Barat) 3 mm, Perumnas Cengkareng 2 mm, dan Parung 1,2 mm.

Di luar angka-angka itu, pantauan CNNIndonesia.com, hujan yang jauh lebih deras turun di Kota Bogor dan sebagian Kabupaten Bogor di waktu yang sama.

(tim/dmi)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek