Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Horas! Luhut Pakai Baju Adat Batak Pakpak di Upacara HUT ke-78 RI, Ini Artinya - inews

 

Horas! Luhut Pakai Baju Adat Batak Pakpak di Upacara HUT ke-78 RI, Ini Artinya

inews.id
August 16, 2023
Luhut dan istri pakai baju adat Batak Pakpak
Luhut dan istri pakai baju adat Batak Pakpak

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan hadiri dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). Dalam momen itu, ia tampak mengenakan baju adat Batak Pakpak.

Pada kesempatan ini, Luhut hadir bersama dengan sang istri yakni Devi Pandjaitan Br Simatupang. Sang istri juga menggunakan pakaian adat Batak Pakpak yang merupakan salah satu suku asal Sumatera Utara.

Melansir dispar.pakpakbharatkab.go.id, busana yang dikenakan Luhut dan Istri melambangkan busana kebanggaan yang menggambarkan keagungan, tetapi penuh kesantunan.

Pakaian adat Batak Pakpak, disebut baju merapi-api, dengan didominasi warna hitam.Berbahan dasar katun, dan dikenakan dengan oles atau tenunan khas Pakpak.

Pada busana baju Luhut, dihiasi Bulang-bulang Adalah penutup kepala, sebuah lambang kehormatan dan kewibawaan, dibetuk sedemikian rupa dari bahan oles perbunga mbacang dengan dominasi warna merah dihiasi warna kuning keemasan.

Kemudian pada bajunya, terdapat hiasan kalung yang terbuat dari emas, baik emas murni atau perak dilapisi emas. Sangat tergantung pada kemampuan ekonomi pemilik atau penggunanya. Rangkaian emas yang diikat dengan benang Sitellu rupa dan diujungnya terdapat mata kalung bergambar kepala kerbau, rangkaiannya terdiri dari 32 keping.

Kemudian terdapat kain tenun yang diletakkan pada bahu sebelah kanan terurai dari belakang hingga kedepan.

Sementara istinya, Devi Pandjaitan Br Simatupang juga menggunakan baju modelleher segitiga berwarna hitam yang dibubuhi atau dihiasi dengan manik-manik (Api-api).

Jenis kain yang umum digunakan sejenis beludru namun belakangan lebih disesuaikan dengan model dan jenis kain terbaru.

Adapun pada bagian kepala, atau tutup kepala yang dibentuk sedemikian rupa dengan pernak-pernik yang terlihat lebih anggun. Ditambah lagi aksesoris pada telinganya yang menjuntai.

Kalung wanita dengan bentuk dan bahan yang sama dengan pria. Bedanya dengan pria barangkali karena tidak ata mata kalung sebagaimana yang terdapat pada borgot. Jumlah rangkainnya juga berbeda dan cenderung lebih pendek.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek