Tombak Diduga Peninggalan Majapahit Ditemukan di Situs Tribhuana Tungga Dewi By BeritaSatu

 

Tombak Diduga Peninggalan Majapahit Ditemukan di Situs Tribhuana Tungga Dewi

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 24, 2023
Sebuah tombak diduga peninggalan Majapahit ditemukan di Situs Tribhuana Tungga Dewi di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa 1 Agustus 2023.
Sebuah tombak diduga peninggalan Majapahit ditemukan di Situs Tribhuana Tungga Dewi di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa 1 Agustus 2023.

Mojokerto, Beritasatu.com – Sebuah tombak diduga peninggalan Majapahit ditemukan di Situs Tribhuana Tungga Dewi di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (1/8/2023).

Tim Badan Pelestari (BPK) menemukan tombak tersebut hanya berada di kedalaman 0,5 meter, tersembunyi di sela-sela struktur batu bata yang diduga sebagai tembok atau pagar bangunan mandala pada zaman Majapahit.

Tombak yang merupakan benda bersejarah tersebut kemudian diamankan oleh tim BPK untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Adapun tombak yang memiliki panjang sekitar 30 sentimeter dan lebar 4 sentimeter tersebut sudah dalam kondisi berkarat.

Peneliti BPK Trowulan, M Ikhwan, mengatakan saat ditemukan, tombak sudah tidak utuh. Ketika ditemukan, hanya mata tombak yang berbentuk lurus, tidak berkelok-kelok, dan gagangnya tidak ada.

"Tombak ini menempel di tengah dan meruncing di ujungnya, namun berbentuk lurus tanpa kelokan. Kami masih mencari referensi mengenai gaya kerajaan atau aliran senjata yang sejenis," kata Ikhwan.

Ia menambahkan, setelah tombak ini diamankan, akan dilakukan kajian oleh tim konservasi BPK dan perawatan pusaka.

Namun, belum dapat dipastikan apakah benda ini merupakan pusaka peninggalan masa Kerajaan Majapahit.

"Yang pasti, tombak ini akan diamankan dan akan kami kaji lebih lanjut dengan bantuan tim konservasi untuk melakukan perawatan yang tepat. Kami akan mempelajari lebih dulu jenis senjata ini," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar