Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

3 Hektare Lahan di Kabupaten Trenggalek Terbakar By BeritaSatu

 

3 Hektare Lahan di Kabupaten Trenggalek Terbakar

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 15, 2023
Sebanyak 3 hektare hutan dan lahan di wilayah Trenggalek Jawa Timur terbakar selama musim kemarau, Jumat, 25 September 2023.
Sebanyak 3 hektare hutan dan lahan di wilayah Trenggalek Jawa Timur terbakar selama musim kemarau, Jumat, 25 September 2023.

Trenggalek, Beritasatu.com - Sebanyak 3 hektare hutan dan lahan di wilayah Trenggalek Jawa Timur terbakar selama musim kemarau. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek mencatat, terjadi dua kali kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam sebulan terakhir, yakni di hutan Gunung Kendil dan hutan bukit Lungur di Kabupaten Trenggalek.

Kawasan Gunung Kendil yang terbakar seluas 1 hektare, sedangkan kebakaran di bukit Lungur menghanguskan sekitar 2 haktare kawasan hutan.

Kepala BPBD Kabupaten Trenggalek Stefanus Triadi Atmono mengatakan, untuk mengatasi kebakaran ini petugas gabungan bergotong royong melakukan upaya pemadaman dengan menyemprotkan air serta menggunakan peralatan seadanya. Beruntung kebakaran ini dapat dipadamkan, sehingga tidak meluas ke kawasan hutan yang lain.

BACA JUGA

"Kami selalu melakukan mitigasi terkait karhutla, dengan menggandeng pihak Perhutani karena 40 persen lahan dan hutan milik mereka. Kita dan pihak terkait juga memasang papan himbauan, untuk meningkatkan kewaspadaan warga masyarakat akan karhutla karena hampir separuh wilayah Trenggalek adalah kawasan hutan," kata Kepala BPBD Trenggalek Stefanus Triadi Atmono, saat ditemui di kantornya, Jumat (15/9/2013).

Untuk mencegah terjadinya kebakaran, BPBD mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas pembakaran sampah di sekitar kawasan hutan. Selain itu, para perambah hutan juga dilarang melakukan pembakaran serasah atau semak-semak.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek