Pilihan

Astronot NASA Artemis 2 Siap Meluncur ke Bulan pada 2024 By BeritaSatu

 

Astronot NASA Artemis 2 Siap Meluncur ke Bulan pada 2024

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Roket tak berawak Artemis I lepas landas dari landasan peluncuran 39B di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, pada 16 November 2022.
Roket tak berawak Artemis I lepas landas dari landasan peluncuran 39B di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, pada 16 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - National Aeronautics and Space Administration atau NASA tengah mempersiapkan misi lanjutan yang sangat ambisius untuk menjelajahi Bulan. Misi ini dikenal sebagai Artemis 2 dan diharapkan akan meluncur pada 2024.

Misi Artemis 2 adalah langkah besar dalam program Artemis NASA, yang bertujuan untuk kembali ke Bulan dengan astronot sejak misi Apollo 17 pada 1972. Misi ini akan memberikan wawasan penting tentang potensi sumber daya luar angkasa dan memberikan peluang penelitian ilmiah yang luar biasa di masa depan.

Empat astronot berpengalaman akan dibawa dalam misi Artemis 2 dari NASA dan Canadian Space Agency (CSA) yang meliputi komandan astronot Reid Wiseman, pilot Victor Glover, spesialis misi Jeremy Hansen, dan Christina Koch.

Mereka akan menunggangi pesawat ruang angkasa Orion yang menumpang roket Space Launch System (SLS). Sebagai persiapan misi mengelilingi Bulan, para astronot dan tim program sistem eksplorasi darat NASA harus menyelesaikan uji coba pertama dari serangkaian pengujian sistem darat terintegrasi di Kennedy Space Center, Florida, AS.

Dalam uji coba itu, Wiseman, Glover, Hansen dan Koch mempraktikkan prosedur yang akan mereka jalani pada hari peluncuran, mereka berangkat dengan armada transportasi Artemis khusus uji coba yang sepenuhnya bertenaga listrik dan ramah lingkungan yang dibesut oleh Canoo Technologies Inc.

Setibanya di landasan, para astronot Artemis 2 bakal menuju ke peluncur seluler dan melanjutkan perjalanan ke menara untuk memasuki ruang putih di pesawat Orion. Setelah itu, mereka bakal memiliki akses untuk masuk dan keluar dari Orion.

Sebagai informasi, peluncur seluler adalah struktur tanah yang digunakan untuk merakit, memproses, dan meluncurkan roket SLS dan Orion dari Launch Pad 39B untuk misi ke tujuan luar angkasa, seperti Bulan, Mars, dan lainnya.

Serangkaian uji coba ini bertujuan untuk memastikan astronot Artemis 2 dan tim misi siap dalam memahami semua prosedur pada hari peluncuran.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek