Bikin Heboh Hilang tanpa Jejak, Puing-Puing Jet Tempur Canggih F-35 Ditemukan - inews

 

Bikin Heboh Hilang tanpa Jejak, Puing-Puing Jet Tempur Canggih F-35 Ditemukan

By Muhammad Fida Ul Haq
inews.id
September 19, 2023
Puing-puing jet tempur F-35 sudah ditemukan.
Puing-puing jet tempur F-35 sudah ditemukan.

NEW YORK, iNews.id - Jet tempur F-35 Lightning II yang menghebohkan karena hilang kini mulai menemukan titik terang. Puing-puing dari jet itu ditemukan di di Williamsburg County, Carolina Selatan, Amerika Serikat.

"Masyarakat diharapkan untuk menghindari daerah tersebut sementara tim pemulihan mengamankan lapangan puing-puing," tulis pernyataan Pangkalan Gabungan Charleston seperti dikutip dari South Morning China Post, Selasa (19/9/2023).

Jet tempur F-35 Lightning II merupakan pesawat militer canggih yang memperkuat Marinir Angkatan Laut (AL). Hilangnya jet tersebut sempat menghebohkan netizen.

Pilot pesawat tidak bisa mengendalikan diri hingga melontarkan diri dengan terjun payung. Jet tersebut terbang dalam "keadaan zombie".

Jet F-35 Lightning II sangat diinginkan oleh sekutu Amerika Serikat di seluruh dunia, terutama Ukraina, karena bentuk dan fitur khasnya yang melindunginya dari deteksi radar.

Pilot tersebut melontarkan diri dengan alasan yang tidak diketahui dan terjun payung dengan selamat ke sebuah lingkungan di North Charleston pada hari Minggu, sehingga jetnya terus terbang dalam apa yang beberapa orang sebut sebagai "keadaan zombie."

Pada tahun 1989, pilot jet Soviet MiG-23 yang mengalami kerusakan melontarkan diri di atas Polandia, dan jet tersebut terus terbang secara otomatis hingga jatuh di Kortrijk, Belgia, lebih dari 900 km.

Hilangnya pesawat yang sangat canggih ini memicu komentar yang tak percaya di media sosial.

"Bagaimana mungkin Anda kehilangan F-35? Mengapa tidak ada perangkat pelacakan dan kita meminta masyarakat untuk apa, menemukan jet itu dan mengembalikannya?" kata Nancy Mace, seorang anggota Kongres yang mewakili daerah Charleston.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar