Pilihan

Inisiatif Paling Inspiratif, Pemkab Sumenep Menangi Kategori Utama APDI 2023 By BeritaSatu.

 

Inisiatif Paling Inspiratif, Pemkab Sumenep Menangi Kategori Utama APDI 2023

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 12, 2023
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep didapuk sebagai pemenang Kategori Utama Inisiatif Pemerintah Daerah Inspiratif dalam ajang Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia 2023 atau APDI 2023.

Pemenang kategori ini awalnya diperebutkan oleh tiga kandidat pemda yang masuk penjurian. Dari serangkaian penilaian, kemudian terpilih satu pemda terbaik yang memberikan pelayanan dan mengimplementasikan keinginan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan.

Pemkab Sumenep terpilih lantaran dinilai menunjukkan inisiatif pembangunan yang berkinerja unggul, terintegrasi, dan berkelanjutan.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, kemenangan tersebut merupakan salah satu kerja bersama gotong royong seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Sumenep.

"Penghargaan ini, salah satu kerja bersama, gotong-royong, seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Sumenep," kata Fauzi seusai menerima penghargaan APDI 2023 di JS Luwansa Jakarta, Selasa (12/9/2023).

"Apa yang menjadi aspirasi seluruh masyarakat saya, menjadi sebuah kebersamaan dalam sebuah program yang harus kita rencanakan dalam kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sumenep," lanjut dia.

Selain itu, menurut Fauzi, Kabupaten Sumenep telah menunjukkan perbaikan dari berbagai sektor.

"Saat ini pengangguran kita itu terbaik di Jawa Timur yakni terendah 1,36. Ini rasio kita juga terendah 0,266, terbaik di Jawa Timur. IBM kita juga naik 67,87, pertumbuhan ekonomi juga naik dari 3,6 ke 5,02. Angka kemiskinan kita juga turun, tertinggi di Jawa Timur angka penurunannya, walaupun secara angka itu belum maksimal," ungkap Fauzi.

Bangga dengan pencapaian daerahnya, Fauzi berharap, para pemimpin daerah di tempat lain dapat termotivasi untuk mengikuti jejak dalam berprestasi.

"Harapan saya semoga acara-acara seperti ini menjadi motivasi, khususnya kepada para bupati yang lebih muda dari saya. Secara pemikiran tentu memiliki inovatif yang lebih kuat, karena otot-otaknya lebih muda dari saya. Mari berlomba-lomba bersama-sama. Acara ini cukup baik untuk bisa mengukur tingkat keberhasilan kepala daerah, salah satunya adalah mengangkat elektabilitas, kalau kata Pak Tito (Menteri Dalam Negeri)," ungkap Fauzi.

APDI 2023 merupakan kerja sama B-Universe dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia.

APDI 2023 melakukan seleksi terhadap 548 pemerintah daerah sejak Juni 2023. Selanjutnya, dipilih sebanyak 115 pemerintah daerah untuk mengirimkan berkas inisiatif masing-masing, hingga akhirnya terpilih 35 inisiatif.

Tahap selanjutnya dilakukan penjurian secara virtual oleh dewan juri hingga menghasilkan 21 inisiatif pemerintah daerah, yang terbagi dalam 6 kategori. Selain memenangi Kategori Utama, Pemkab Sumenep juga membawa pulang piala Kategori Transformasi Digital Terintegrasi APDI 2023, melalui Sistem Keamanan Pelayaran (Sikapal), aplikasi alat pendeteksi perahu.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan sangat mengapresiasi kinerja para kepala daerah yang dapat dilihat melalui ajang APDI 2023.

"Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada B-Universe memberikan penghargaan kepada kepala daerah," kata Tito di acara APDI 2023, Selasa.

"Kita harus berusaha untuk memancing kepala daerah ini supaya kreatif inovatif. Paling penting adalah membuat iklim yang kompetitif karena mereka dipilih oleh rakyat mereka membutuhkan rakyat untuk mendapatkan suara. Jadi dia juga pengen berprestasi. Adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh B-Universe, pemberian penghargaan melalui seleksi yang ketat objektif dan kredibel. Membuat kepala daerah untuk berlomba," jelas Tito.

Executive Chairman B-Universe, Enggartiasto Lukita mengatakan acara ini digelar untuk mengapresiasi kerja keras pemerintah daerah sekaligus menjadi pemicu untuk semakin meningkatkan inovasi di daerahnya masing-masing.

"Dengan berbagai parameter ditetapkan dan secara objektif, juri melakukan penilaian. Maka malam ini kita akan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah-pemerintah daerah. Tujuannya agar memacu pemerintah daerah terpilih untuk mempertahankan kinerjanya, dan kepada pemerintah daerah yang belum mendapat apresiasi agar berlomba-lomba mendapatkan apresiasi," kata Enggar dalam sambutan APDI 2023, Selasa.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek