Jokowi Resmikan Bursa Karbon Indonesia: Kontribusi Nyata RI Lawan Krisis Perubahan Iklim - inews

 

Jokowi Resmikan Bursa Karbon Indonesia: Kontribusi Nyata RI Lawan Krisis Perubahan Iklim

By Raka Dwi Novianto
inews.id
September 26, 2023
Jokowi luncurkwn Bursa Karbon Indonesia
Jokowi luncurkwn Bursa Karbon Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Bursa Karbon Indonesia atau Indonesia Carbon Exchange (IDXCarbon) di Main Hall Bursa Efek Indonesia, pada Selasa (26/9/2023).

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Bursa Karbon Indonesia atau Indonesia Carbon Exchange ( IDXCarbon) saya luncurkan pada hari ini," kata Jokowi dalam sambutannya, di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Selasa (26/9/2023).

Jokowi pun mengucapkan selamat kepada OJK BEI dan Kementerian terkait peluncuran bursa karbon pertama di Indonesia. Jokowi mengatakan setelah diluncurkannya IDXCarbon maka dimulainya juga perdagangan karbon di Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa peluncuran bursa karbon merupakan kontribusi nyata Indonesia melawan krisis iklim.

"Ini adalah kontribusi nyata Indonesia untuk berjuang bersama dunia untuk melawan krisis iklim, melawan krisis perubahan iklim. Di mana hasil dari perdagangan ini akan reinvestasi kembali pada upaya menjaga lingkungan khususnya melalui pengurangan emisi karbon," ucap Jokowi.

Perlu diketahui, diluncurkannya IDXCarbon menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim.

Bursa karbon berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sementara PT Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah penyelenggara bursa karbon. Dua produk unit karbon yang diperdagangkan adalah Persetujuan Teknis Batas Atas Emisi Pelaku Usaha (PTBAE-PU) dan Sertifikat Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (SPE-GRK).

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar