Pilihan

Kremlin Sebut Putin-Kim Jong Un Tak Teken Perjanjian Militer Apapun - detik

 

Kremlin Sebut Putin-Kim Jong Un Tak Teken Perjanjian Militer Apapun

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 16 Sep 2023 12:50 WIB
Russias President Vladimir Putin shakes hands with North Koreas leader Kim Jong Un during a meeting at the Vostochny Сosmodrome in the far eastern Amur region, Russia, September 13, 2023. Sputnik/Vladimir Smirnov/Pool via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.     TPX IMAGES OF THE DAY
Putin menyambut kedatangan Kim Jong Un di Kosmodrom Vostochny pekan ini (dok. Sputnik/Pool/Reuters)
Moskow -

Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia menyatakan tidak ada perjanjian apapun, termasuk soal militer, yang ditandatangani selama kunjungan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un pekan ini. Kremlin juga menyebut sejauh ini tidak ada rencana penandatanganan perjanjian resmi apapun.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (16/9/2023), pernyataan Kremlin itu disampaikan saat negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat (AS), mengkhawatirkan Moskow dan Pyongyang, yang sama-sama negara terisolasi, akan mencapai kesepakatan senjata yang berbahaya.

Kim Jong Un melakukan perjalanan langka ke luar negeri, dengan mengunjungi wilayah Timur Jauh Rusia sejak awal pekan ini. Dia sempat bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dan melakukan pembicaraan tatap muka di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Moskow diyakini tertarik untuk membeli amunisi buatan Korut untuk mendukung pertempurannya di Ukraina. Sementara Pyongyang menginginkan bantuan Rusia untuk mengembangkan program rudalnya.

Baca juga:

Negara-negara Barat memperingatkan Rusia dan Korut untuk tidak mencapai kesepakatan senjata, yang jelas-jelas melanggar rentetan sanksi untuk Pyongyang.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dalam pernyataan kepada wartawan pada Jumat (15/9) waktu setempat, menyatakan belum ada rencana untuk menandatangani perjanjian formal apapun antara Rusia dan Korut selama kunjungan Kim Jong Un.

"Tidak ada perjanjian yang ditandatangani dan tidak ada rencana untuk menandatangani perjanjian apapun," tegas Peskov.

Diketahui bahwa usai bertemu Kim Jong Un pada Rabu (13/9) waktu setempat, Putin sempat mengatakan bahwa dirinya melihat 'kemungkinan' untuk kerja sama militer antara kedua negara.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Kim Jong Un yang saat ini masih berada di wilayah Timur Jauh Rusia, mengunjungi pabrik jet tempur Rusia di Komsomolsk-on-Amur pada Jumat (15/9) waktu setempat. Pabrik penerbangan militer Moskow itu dijatuhi sanksi-sanksi Barat terkait invasi yang dilancarkan negara itu ke Ukraina setahun terakhir.

Dalam kunjungan itu, Kim Jong Un mengamati produksi jet tempur Sukhoi Su-35 dan Su-57 buatan Rusia, serta menyaksikan demonstrasi penerbangan Su-35.

Otoritas Rusia mengatakan bahwa Kim Jong Un akan melanjutkan kunjungannya selama beberapa hari lagi, tanpa menyebut jangka waktu tertentu. AS dan sekutu-sekutunya khawatir jika kunjungan itu akan memperkuat militer Rusia di Ukraina dan mendorong program rudal Korut.

Baca juga:

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek