Pilihan

Peringatkan Krisis Iklim, Sekjen PBB: Kemarau Tidak Hanya Menggonggong tapi Juga MenggigitB- Tempo

 

Peringatkan Krisis Iklim, Sekjen PBB: Kemarau Tidak Hanya Menggonggong tapi Juga Menggigit

Reporter

Kamis, 7 September 2023 12:37 WIB


  • Bagikan



Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. REUTERS/Mohamed Azakir
Iklan

TEMPO.COJakarta - Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-bangsa Antonio Guterres memperingatkan soal kegentingan krisis iklim dalam agenda KTT ASEAN ke-43. Ia mengatakan saat ini kerja sama yang lebih besar sangat dibutuhkan untuk iklim. Mengingat pada Juni hingga Agustus lalu merupakan periode tiga bulan terpanas dalam sejarah. 

Iklan

"Apa yang disebut hari-hari panas di musim kemarau tidak hanya menggonggong, tapi juga menggigit," ucap Antonio dalam konferensi pers di Jakarta Convention Center, Kamis, 7 September 2023.  

Baca Juga:

Ia mengatakan planet kita telah mengalami musim panas yang membara dan terpanas. Karena itu, ia menegaskan para pemimpin harus segera mencari solusi untuk mengatasi masalah iklim. 

Copy-1-300-250

"Kita masih bisa menghindari kekacauan iklim yang terburuk, tetapi waktu hampir habis. Kita tidak punya waktu lagi," ucapnya. 

Ia mengakui telah menyerukan Pakta Solidaritas Iklim. Pakta tersebut menghimbau semua negara penghasil emisi besar melakukan upaya ekstra untuk mengurangi emisi. Serta mendorong negara-negara kaya memobilisasi sumber daya keuangan dan teknis untuk mendukung negara-negara berkembang.

Baca Juga:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

PBB juga telah mempresentasikan rencana untuk meningkatkan upaya penyelamatan krisis iklim. Agenda Percepatan tersebut menyerukan kepada negara-negara maju untuk mencapai nol emisi sebisa mungkin pada 2040. Sementara untuk negara-negara berkembang sebisa mungkin mencapai nol emisi pada 2050. 

Sementara itu, ia memuji negara-negara anggota ASEAN seperti Indonesia dan Vietnam yang memelopori Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan. Langkah tersebut, tuturnya, sebuah alat penting untuk membuka peluang pengurangan emisi, mendorong energi terbarukan, dan menumbuhkan ekonomi hijau. 

LAPORAN UTAMA

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Mendag Zulkifli Hasan Ajak Satukan Komunitas Bisnis dengan Semangat Inklusif

1 menit lalu

Keketuaan ASEAN-BAC 2023 telah memberikan semangat inklusif untuk menyatukan komunitas bisnis di kawasan

Jokowi di Depan AS dan Cina: Kita Punya Tanggung Jawab Tak Buat Perang Baru

40 menit lalu

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menyerukan agar konflik baru dalam East Asia Summit, yang diikuti oleh para pemimpin dari AS hingga Cina.

Prabowo Subianto: ASEAN Dulu Penuh Ketegangan, Sekarang Paling Aman

1 jam lalu

Mentri Pertahanan RI Prabowo Subianto meninjau motor trail listrik (Rantis E-Tactical Sergap) saat melakukan penyerahan kepada TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri di kantor Kemenhan, Jakarta, 31 Agustus 2023. Sebanyak 100 unit Rantis E-tactical Sergap hasil produksi dari PT LEN industri persero, PT Eltran Indonesia dan PT BYXE Motor Indonesia dibagikan sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi polusi di Ibu kota, Rantis tersebut dapat menempuh jarak kurang lebih 100 KM dengan kecepatan 92 KM/jam dengan pengisian daya 5-7 jam. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Prabowo Subianto mengatakan dulu kawasan ASEAN penuh ketegangan tapi sekarang menjadi paling aman dengan pertumbuhan terbaik di dunia.

Terkini: MTI soal Izin Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi Buka KTT ASEAN-India

1 jam lalu

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu, 16 November 2022. TEMPO/Prima Mulia

MTI menanggapi informasi mengenai sertifikasi izin operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang belum selesai.

Heru Budi Minta Maaf Selama KTT ASEAN Lalu Lintas Tidak Lancar, tapi Langit Jakarta Lebih Cerah

1 jam lalu

Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono bersama Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono dan jajarannya, serta para Wali Kota dari lima wilayah meninjau kesiapan fasilitas menjelang Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN di Kawasan Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 29 April 2023. Tempo/Mutia Yuantisya

Meski lalu lintas warga kurang lancar, langit Jakarta terlihat lebih cerah dibanding sebelum penyelenggaraan KTT ASEAN.

Info Pengalihan Arus Selama KTT ASEAN Diminta Disebar Lebih Awal

1 jam lalu

Anggota Polisi menutup jalan dengan road barrier di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa, 5 September 2023. Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta memberlakukan rekayasa arus lalu lintas dalam rangka mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 di DKI Jakarta. Rekayasa lalu lintas tersebut diberlakukan di 29 ruas jalan yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. TEMPO/M Taufan Rengganis

Pengalihan arus lalu lintas diterapkan pada hari ini, Kamis, 7 September 2023, untuk menyukseskan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN.

Prabowo Subianto dan Yusril Akan Kunjungi Sumatera Barat Akhir Pekan ini

1 jam lalu

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan) menggunakan kendaraan Maung Pindad menyapa warga bersama Ketua Umum Partai Bulan Bintang  Yusril Ihza Mahendra (ketiga kanan), Bupati Tanah Datar Eka Putra (kiri) dan Anggota DPR RI Andre Rosiade (kedia kiri) saat berparade di gelanggang pacuan kuda Dang Tuanku Bukit Gombak, Tanah Datar, Sumatera Barat, Ahad, 30 April 2023. Prabowo menaiki kendaraan operasional (ransops) TNI itu mengelilingi gelanggang menyapa warga yang menyaksikan pacu kuda. ANTARA/Iggoy el Fitra

Prabowo Subiantdikabarkan akan mengadakan kunjungan ke Sumatera Barat pada 9 September 2023. Kunjungan tersebut bersama Ketum PBB Yusril.

3 Sektor Kerja Sama Bidang Ekonomi yang Dibahas di KTT ASEAN 2023

2 jam lalu

Obrolan santai Sri Mulyani dan koleganya sebelum Pembukaan KTT ASEAN ke 43- JCC Jakarta 5 September 2023/ Instagram - @smindrawati

Ketiga topik itu akan dituangkan dalam deklarasi pemimpin ASEAN yang diumumkan oleh para kepala negara dalam KTT ASEAN 2023.

Prabowo: ASEAN Berhasil jadi Kawasan Paling Aman di Dunia

2 jam lalu

Bakal Calon Presiden yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan dengan Yenny Wahid di rumah Kertanegara, Jakarta, Rabu, 6 September 2023.  TEMPO/M Taufan Rengganis

Prabowo menegaskan Indonesia akan terus berpegang terhadap prinsip bebas aktif dan tak akan memihak di tengah ketegangan geopolitik di Indo-Pasifik.

Jokowi: Kolaborasi ASEAN-India Didorong Menuju Ekonomi Biru

2 jam lalu

Presiden Jokowi mengatakan bahwa kerja sama ASEAN-India bisa didorong menuju ekonomi biru, ketahanan pangan, konektivitas maritim.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek