Pertama di Asia Tenggara, Simak Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung By BeritaSatu

 

Pertama di Asia Tenggara, Simak Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 13, 2023
Presiden Joko Widodo saat melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu, 13 September 2023.
Presiden Joko Widodo saat melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu, 13 September 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Kereta cepat Jakarta-Bandung mencuri perhatian publik sejak diresmikan pada Agustus 2023. Kereta yang diklaim sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini akan dioperasikan secara berbayar per Oktober 2023.

Hanya diperlukan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Jakarta ke Bandung dengan jarak 142,3 kilometer. Sebelum menjajal, berikut beberapa fakta mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung ini.

1. Kereta cepat pertama di Asia Tenggara
Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki infrastruktur modern kereta cepat. Kehadiran kereta cepat ini sekaligus menjadi jawaban akan keraguan terhadap pembangunan infrastruktur transportasi umum. Proyek ini menjadi tonggak sejarah dalam pengembangan infrastruktur transportasi di Indonesia.

2. Tiket uji coba ludes terpesan
Pihak KCIC membuka pemesanan tiket uji coba kereta cepat untuk pertama kali pada Minggu (17/9/2023), pukul 00.00 WIB. Tingginya antusiasme masyarakat membuat tiket uji coba gratis kereta cepat Jakarta-Bandung habis pada minggu siang. Diketahui tiket yang telah dipesan tersebut untuk jadwal keberangkatan 18 sampai 24 September 2023.

3. Pergantian nama menjadi “Whoosh”
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, pergantian nama atau pemberian identitas merek untuk kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dipilih melalui sayembara. Sayembara tersebut diikuti 10 agensi yang telah memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik.

“Whoosh” berhasil terpilih menjadi pemenang. Nama ini berasal dari suara lesatan serta penggambaran kereta cepat yang saat ini menjadi yang tecepat di Asia Tenggara. Budi juga menyampaikan “Whoosh” merupakan singkatan dari waktu hemat, operasi optimal, sistem handal. Hal itu sesuai dengan identitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

4. Mulai berbayar per Oktober 2023
Tarif kereta cepat akan diberlakukan ketika uji coba gratis telah selesai di akhir September 2023. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI (persero) John Robertho. Namun belum dapat dipastikan kapan tanggal pasti commercial operation date (COD) akan ditetapkan. Jika merujuk rencana sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan operasional kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada 1 Oktober 2023.

5. Tiket tak akan disubsidi
Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tidak akan memberikan subsidi tarif tiket kereta cepat Jakarta-bandung. Dia menyadari bahwa keputusan ini akan membuat harga tiket lebih mahal. Namun, ia memastikan keputusan tersebut telah dikalkulasi dengan baik.

Sebelumnya, Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet mengungkapkan, harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung akan dipatok sebesar Rp 250.000. Namun, hal ini masih dalam tahap pengajuan ke Kementerian Perhubungan.

Baca Juga

Komentar