Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Polda Jatim Ambil Alih Kasus Kebakaran Lahan di Bromo By BeritaSatu

 

Polda Jatim Ambil Alih Kasus Kebakaran Lahan di Bromo

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 27, 2023
Dua warga memandang lahan yang terbakar dipicu cerawat atau flare yang mengakibatkan kebakaran di wilayah Gunung Bromo.
Dua warga memandang lahan yang terbakar dipicu cerawat atau flare yang mengakibatkan kebakaran di wilayah Gunung Bromo.

Surabaya, Beritasatu.com - Penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kini diambil alih oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur.

Dirreskrimsus Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Farman mengatakan, pengambilalihan kasus tersebut sudah dilakukan pada Jumat (22/9/2023) lalu.

Ia menyebut ada beberapa alasan sehingga pihaknya mengambil alih kasus karhutla tersebut. Salah satunya terkait dampak kebakaran yang mencapai 989 hektare serta besarnya kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran.

*Alasannya kami memperkuat penyidikan karena ini dampaknya luas dan karena menimbulkan kerugian cukup besar, supaya penangananya juga lebih ada perbaikan ke depan makanya kita tarik di sini," ujar Farman, Rabu (27/9/2023).

Lebih lanjut Farman mengungkapkan bahwa penyidik telah melakukan gelar perkara kasus ini di Polda Jatim. Sedangkan untuk pendalaman kasusnya, Ditreskrimsus Polda Jatim akan menggandeng penyidik dari Polres Probolinggo.

"Gelar perkara di Polda Jatim sekalian kita memperdalam, memberikan asistensi dan kita putuskan untuk ditarik kasusnya ke sini," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, kebakaran lahan di kawasan Gunung Bromo tersebut bermula saat rombongan orang melakukan prewedding di savana atau Bukit Teletubbies. Mereka menyalakan flare, lalu percikan apinya mengenai rumput kering hingga meluas dan membesar.

Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan Andrie Wibowo Eka Wardhana (41) asal Kabupaten Lumajang sebagai tersangka. Dia adalah manajer atau penanggung jawab wedding organizer yang disewa oleh calon pengantin asal Surabaya. Sementara lima orang lainnya masih berstatus saksi termasuk pengantin dan kru prewedding.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek