Pilihan

Ricuh di Kantor BP Batam soal Rempang, Brigjen Polisi Kena Lempar Batu By CNN Indonesia

 

Ricuh di Kantor BP Batam soal Rempang, Brigjen Polisi Kena Lempar Batu

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 11, 2023
Ilustrasi. Bentrokan di kantor BP Batam pada Senin (11/9) menyebabkan anggota polisi dan petugas keamanan BP Batam terluka terkena lemparan batu. (Arsip Warga)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bentrokan antar warga dan aparat keamanan di kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kepulauan Riau, terkait penolakan proyek strategis nasional (PSN) di kawasan Pulau Rempang, menyebabkan sejumlah orang luka-luka.

Salah satu korban adalah Direktur Pengamanan (Dirpam) BP Batam Brigjen Pol Muhammad Badrus. Badrus terkena lemparan batu di bagian dagu hingga berdarah.

"Ada sekitar enam orang yang terluka, baik dari Ditpam maupun dari polisi. Salah satunya yang terluka itu jenderal bintang satu. Dia kena lemparan di bagian dagu sampai berdarah," ujar Kepala Biro Humas, Promosi, dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait di lokasi, dikutip dari Antara, Senin (11/9).

Menurut pantauan Antara, aksi demonstrasi yang awalnya damai tiba-tiba berubah ricuh. Warga melempar batu, kayu, hingga bom molotov ke arah halaman kantor BP Batam. Massa juga merusak pagar.

Petugas pun melepaskan gas air mata dan water canon ke arah kerumunan massa. Beberapa petugas dan karyawan BP Batam terluka akibat terkena lemparan batu. Mereka langsung dibawa ke klinik di dalam kantor BP Batam untuk mendapat perawatan.

Menurut keterangan warga, Lukmanul Hakim (31), yang diwawancara CNNIndonesia.com, aksi masih berlangsung hingga pukul 15.00 WIB. Mereka menuntut tujuh warga yang ditangkap dan jadi tersangka agar segera dibebaskan.

Polisi pun telah menangguhkan penahanan terhadap tujuh orang tersangka dalam peristiwa bentrokan yang terjadi antara warga dengan aparat gabungan di Rempang, Kepulauan Riau, Kamis (7/9).

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan penangguhan itu diberikan dengan jaminan tak akan melakukan aksi penolakan upaya relokasi warga imbas PSN Rempang Eco-City.

(tim/tsa)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek