Tak Hadiri Seluruh Acara Peringatan 75 Tahun Korut, Kim Jong Un ke Rusia? - inews

 

Tak Hadiri Seluruh Acara Peringatan 75 Tahun Korut, Kim Jong Un ke Rusia?

By Anton Suhartono
inews.id
September 10, 2023
Kim Jong Un tak menghadiri semua acara peringatan ulang tahun ke-75 berdirinya Korut memicu spekulasi dia kemungkinan berangkat ke Rusia.
Kim Jong Un tak menghadiri semua acara peringatan ulang tahun ke-75 berdirinya Korut memicu spekulasi dia kemungkinan berangkat ke Rusia.

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengikuti sesi foto dengan warga dalam perayaan ulang tahun ke-75 berdirinya negara itu. Kim Jong Un tak hadir di semua rangkaian acara peringatan pada Sabtu kemarin, memicu spekulasi soal keberangkatannya ke Rusia untuk menghadiri Forum Ekonomi Timur.

Forum Ekonomi Timur digelar di kota pelabuhan Vladivostok mulai Minggu (10/9/2023). Kim diyakini melakukan perjalanan darat ke Vladivostok juga untuk bertemu Presiden Vladimir Putin guna membahas kerja sama pengiriman senjata serta perjanjian militer lainnya.

Kantor berita Korut KCNA melaporkan, perayaan 75 tahun berdirinya Korut dimeriahkan dengan peletakan karangan bunga kepada para pemimpin sebelumnya, jamuan makan, konser untuk delegasi China, serta penampilan ansambel lagu dan tarian dari tentara Rusia. Namun Kim dilaporkan hanya menghadiri sesi foto yakni di halaman mausoleum, tempat jenazah mendiang ayahnya, Kim Jong Il, serta kakeknya, Kim Il Sung, dimakamkan.

Dalam pidatonya, dia memuji semua warga yang menempatkan kepentingan negara di atas keluarga, apakah itu baik atau buruk.

“Para patriot adalah aset terbaik yang mewakili kekuatan negara ini karena Partai Pekerja Korea sedang mengantarkan era transformasi besar yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah negara ini dengan mengandalkan orang-orang seperti itu,” katanya.

Sementara itu KCNA tak menyebutkan mengenai perjalanan Kim ke Rusia. Sebelumnya surat kabar Amerika Serikat The New York Times, mengutip para pejabat AS, melaporkan kunjungan itu mungkin saja terjadi.

Istana Kremlin enggan berkomentar banyak, pihaknya tidak bisa memberikan pernyataan apa pun soal kunjungan Kim Jong Un.

Jika benar Kim melakukan perjalanan yang kemungkinan besar menggunakan kereta api lapis baja, ini akan menjadi kunjungan keduanya ke Rusia.

Sebelumnya Korut dan Rusia membantah tuduhan negara Barat melakukan negosiasi senjata. Para pejabat AS mengatakan perundingan sedang berlangsung seraya memperingatkan pengiriman senjata Korut ke Rusia untuk perang di Ukraina merupakan kesalahan besar yang dilakukan Kim.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar