BMKG Balikpapan Sebut Ada 381 Titik Panas di 7 Kabupaten Kalimantan Timur By BeritaSatu

 

BMKG Balikpapan Sebut Ada 381 Titik Panas di 7 Kabupaten Kalimantan Timur

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 4, 2023
Informasi sebaran titik panas yang dirilis oleh BMKG Balikpapan, Jumat, 26 Agustus 2022.
Informasi sebaran titik panas yang dirilis oleh BMKG Balikpapan, Jumat, 26 Agustus 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan telah berhasil mendeteksi sebanyak 381 titik panas yang tersebar di tujuh kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan BMKG Stasiun Balikpapan, Diyan Novrida, hal ini terjadi sepanjang Jumat (6/10/2023) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 Wita. Titik panas ini merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, dengan suhu yang relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Dalam konteks ini, semua lapisan masyarakat diharapkan untuk saling menjaga dan meningkatkan kewaspadaan. Beberapa tindakan preventif yang dapat diambil adalah tidak membuang puntung rokok sembarangan dan menghindari pembakaran saat mengelola lahan guna mencegah terjadinya karhutla.

Sebaran titik panas yang telah terdeteksi ini telah disampaikan kepada pihak terkait, termasuk badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa penanganan lebih lanjut dapat segera dilakukan.

Dari hasil deteksi BMKG Stasiun Balikpapan, tujuh kabupaten yang terdampak adalah sebagai berikut:
1. Kabupaten Paser, dengan 146 titik panas yang terdeteksi.
2. Penajam Paser Utara, dengan 1 titik panas.
3. Kutai Barat, dengan 45 titik panas.
4. Kutai Timur, dengan 79 titik panas.
5. Kutai Kartanegara, dengan 37 titik panas.
6. Berau, dengan 49 titik panas.
7. Mahakam Ulu, dengan 4 titik panas.

Sebaran titik panas ini juga dibagi per kabupaten, dengan rincian sebagai berikut:
- Di Kabupaten Paser, terdapat 146 titik panas yang tersebar di sembilan kecamatan, antara lain Batu Engau (82 titik panas), Muara Samu (1 titik), Kuaro (2 titik), Long Ikis (15 titik), Long Kali (28 titik), Muara Komam (1 titik), Pasir Belengkong (2 titik), Tanah Grogot (1 titik), dan Tanjung Harapan (5 titik panas).

- Kabupaten Kutai Barat melaporkan 45 titik panas yang tersebar di 10 kecamatan, termasuk Siluq Ngurai (3 titik panas), Penyinggahan (2 titik), Nyuatan (6 titik), Muara Pahu (22 titik), Muara Lawa (1 titik), Melak (6 titik), Jempang (4 titik), Dilangputi (1 titik), Damai (13 titik), dan Kecamatan Bongan (5 titik).

"Kabupaten Kutai Barat yang terpantau 45 titik panas, tersebar pada 10 kecamatan yakni Siluq Ngurai 3, Penyinggahan 2, Nyuatan 6, Muara Pahu 22, Muara Lawa 1, Melak 6, Jempang 4, Dilangputi 1, Damai 13, dan Kecamatan Bongan 5 titik," tutup Diyan.

Baca Juga

Komentar