Pilihan

Cegah Stres Petugas TPS, KPU Siapkan Bimtek - Jawa Pos

 

Cegah Stres Petugas TPS, KPU Siapkan Bimtek

By Folly Akbar
jawapos.com
October 24, 2023
Ketua KPU RI Hasyim Asy
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

JawaPos.com - Di tengah tahapan pendaftaran capres dan cawapres yang berjalan, KPU secara bersamaan juga menjalankan tahapan lain. Yakni, pengadaan logistik. Saat ini produksi barang yang akan digunakan di tempat pemungutan suara (TPS) tengah berlangsung.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, pengadaan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama mencakup kebutuhan umum seperti kotak suara, bilik suara, tinta, hingga segel. "Ini kan sudah ada penandatanganan kontrak oleh LKPP. Jadi, prosesnya sedang berjalan," ujar Hasyim.

Untuk tahap kedua, KPU masih menunggu hasil penetapan. Baik untuk pilpres maupun pileg yang calonnya masih dalam tahap administrasi. Sebab, logistik seperti surat suara atau formulir membutuhkan nama calon. ’’Kami optimis logistik, alat perlengkapan pemungutan, dan alat perhitungan suara akan siap pada waktunya,’’ ucapnya.

Selain logistik, yang tengah disiapkan adalah sumber daya manusia untuk pelaksanaan coblosan. Terlebih, rencana pembagian dua panel untuk mempercepat penghitungan batal dilakukan. Sebagai kebijakan alternatif, Hasyim akan memaksimalkan bimbingan teknis. Misalnya, menyangkut kerja-kerja saat hari H hingga pasca penghitungan. "Supaya teman-teman mengenali kerjanya, tugasnya. Jadi, pada hari H katakanlah beban stres berkurang," tuturnya.

Pelatihan juga diharapkan bisa menyiapkan mental jika ada kondisi di luar dugaan. "Misalnya, begitu dihitung, surat suaranya kurang lembar. Itu juga bisa grogi," imbuhnya. (far/c18/oni)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek