Pilihan

Iron Dome Dijebol Roket Hamas Karena Israel Terlalu Sombong - detik

 

Iron Dome Dijebol Roket Hamas Karena Israel Terlalu Sombong

By Fino Yurio Kristo
detikcom
Aksi Iron Dome membendung roket Hamas. Foto: Reuters/Amir Cohen
Aksi Iron Dome membendung roket Hamas. Foto: Reuters/Amir Cohen
Jakarta-

Iron Dome disebut sebagai salah satu sistem pertahanan udara paling efektif di planet ini. Namun serangan berentetan roket Hamas membuatnya kewalahan. Seorang pakar menyebut ini karena Israel terlalu menyombongkan diri terhadap teknologinya.

Kemenhan Israel mengklaim Iron Dome punya tingkat keberhasilan hingga 90%. Namun intensitas serangan roket Hamas, sukses membuat sistem itu kebobolan. Sekitar 3.000 sampai 5.000 roket ditembakkan berentetan, membuat sebagian roket itu lolos menghantam bangunan di Israel.

Hujan roket dari Gaza, ratusan militan Hamas memasuki Israel dan menyandera lebih dari seratus orang memang merupakan skenario terburuk bagi sebuah negara yang membanggakan memiliki mata dan telinga di mana-mana.

"(Mereka) terlalu percaya diri mengenai mekanisme pertahanan yang ada, baik Iron Dome atau penghalang perbatasan yang telah rampung beberapa tahun lalu. Ada keyakinan penuh pada kemampuan untuk mencegah serangan bawah tanah, kurangnya intelijen, dan akhirnya, kegagalan garis pertahanan itu sendiri," kata pakar keamanan Israel, Peter Lerner.

"Jadi ada tiga lingkaran pertahanan yang tidak melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan," tambah dia seperti dikutip detikINET

Badan mata-mata Israel, Mossad, sering dinilai termasuk yang terbaik di dunia, namun keahlian mereka tidak membantu sama sekali untuk mencegah apa yang terjadi. Hamas berhasil menyerbu dengan cukup leluasa.

"Ini jelas merupakan kesalahan perhitungan, kesalahan besar yang dilakukan oleh komunitas intelijen," tambah pakar keamanan Israel.

Menurutnya, akan ada penyelidikan menyeluruh untuk mencari siapa yang harus bertanggung jawab atas kegagalan keamanan dalam peristiwa tersebut setelah perang melawan Hamas selesai.

Israel memiliki 10 perangkat Iron Dome di seluruh negeri. Setiap perangkat mampu melindungi area hingga 155 kilometer persegi dan ditempatkan secara strategis di sekitar kota dan pemukiman.

Setiap perangkat harganya di kisaran USD 100 juta dan setiap rudal pencegat harganya USD 50 ribu. Untuk menghemat, sistem radarnya dengan cepat menentukan apakah sebuah roket mengarah ke area pemukiman. Jika tidak, maka roket itu dibiarkan saja.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek