Pilihan

Kapolda Metro Jaya Kabur Ditanya Kasus Pemerasan Pimpinan KPK ke SYL By CNN Indonesia

 

Kapolda Metro Jaya Kabur Ditanya Kasus Pemerasan Pimpinan KPK ke SYL

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto tutup mulut saat ditanya soal perkembangan kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (CNN Indonesia/Patricia Diah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto tutup mulut saat ditanya soal perkembangan kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Karyoto langsung masuk ke dalam mobil dinas usai menghadiri acara 'Deklarasi Anti Hoax' di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Selasa (10/10).

Tak hanya soal perkembangan penanganan kasus dugaan pemerasan, Karyoto juga tak berkomentar saat ditanya soal informasi penggeledahan rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Kelurahan Jakasetia, Bekasi Selatan.

"Ke Kabid Humas," kata Karyoto dari dalam kendaraannya.

Syahrul Yasin Limpo tengah terseret kasus dugaan korupsi Kementerian Pertanian yang kini sedang diusut KPK. Syahrul telah mengundurkan diri ke Presiden Jokowi.

Sementara itu, Polda Metro Jaya juga menerima laporan dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK kepada Syahrul. Politikus NasDem itu pun telah diperiksa sebagai saksi sebanyak tiga kali.

Kasus yang ditangani oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya ini telah masuk ke tahap penyidikan berdasarkan gelar perkara pada Jumat 6 Oktober. Dalam kasus ini, penyidik menggunakan Pasal 12 huruf e atau Pasal 12 huruf B, atau Pasal 11 UU Tipikor jo Pasal 65 KUHP.

Dalam kasus ini, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya juga telah meminta keterangan dari Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar.

"Benar (Irwan) salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan," kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi, Minggu (8/10).

Nantinya, kata Ade, penyidik kembali memanggil Irwan sebagai saksi setelah kasus dugaan pemerasan ini naik ke tahap penyidikan.

Di sisi lain, Irwan sampai saat ini belum memberikan klarifikasi soal pemeriksaan dia di Polda Metro Jaya. CNNIndonesia.com sudah berusaha menemui Irwan di Polrestabes Semarang hingga sore kemarin, Senin (9/10), namun belum membuahkan hasil.

(dis/fra)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek