Pilihan

Kebakaran Hanguskan 10 Rumah Dinas TNI AD di Kubu Raya - Beritasatu

 

Kebakaran Hanguskan 10 Rumah Dinas TNI AD di Kubu Raya

Rabu, 4 Oktober 2023 | 14:18 WIB
Penulis: Andrie P Putra | Editor: DIN
Kebakaran menghanguskan 10 rumah dinas TNI AD yang berada di kompleks Asrama Gatot Subroto I, Jalan Adisucipto, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu, 4 Oktober 2023.
Kebakaran menghanguskan 10 rumah dinas TNI AD yang berada di kompleks Asrama Gatot Subroto I, Jalan Adisucipto, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu, 4 Oktober 2023. (Beritasatu.com / Andrie P Putra)

Kubu Raya, Beritasatu.com - Kebakaran menghanguskan 10 rumah dinas TNI AD yang berada di kompleks Asrama Gatot Subroto I, Jalan Adisucipto, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (4/10/2023) dini hari.

ADVERTISEMENT

Kasi Pemberitaan Penerangan Kodam XII Tanjungpura, Mayor TNI Mazhar mengatakan kebakaran tersebut terjadi di kawasan blok B asrama itu, sekitar pukul 01.00 WIB sampai 02.00 WIB.

"Pemadaman dilakukan oleh 20-an armada pemadam kebakaran yang berasal dari pemadam swasta, kepolisian dan pemerintah serta internal," ujarnya, Rabu (4/10/2023) siang.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Kebakaran ini bermula saat api muncul di bagian atas salah satu rumah dinas dan merembet langsung ke bangunan lainnya. Api mudah menjalar lantaran rumah tersebut berbentuk kopel. Api baru berhasil dipadamkan 2 jam kemudian.

Dia menjelaskan, sebagian harta benda yang berada di rumah dinas itu tak bisa diselamatkan. Pasalnya beberapa rumah juga dalam keadaan kosong serta peristiwa yang terjadi pada dini hari menyulitkan upaya evakuasi.

Mazhar mengatakan, pihak Pomdam XII Tanjungpura mulai bergerak melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran hebat tersebut. Namun, dugaan sementara kemunculan api akibat korsleting.

BACA JUGA

"Kita belum tahu, ini baru dugaan sumber api dari korsleting listrik. Kita dari rekan-rekan Pomdam sedang investigasi mencari tahu kebenarannya," katanya.

Mazhar mengutarakan, pihak Pomdam juga sedang menghitung nilai kerugian akibat kebakaran rumah dinas yang sempat direnovasi pada tahun 2012 tersebut.

"Yang pastinya belum dapat kita tafsir berapa jumlah kerugian. Masih kita investigasi," jelasnya.

Sementara itu, Mazhar memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kebakaran tersebut juga telah dilaporkan ke Panglima Kodam XII/Tanjungpura untuk ditindaklanjuti.

Lokasi kebakaran tersebut, kini telah dipasangi garis pengaman dari Polisi Militer. Jajaran Pomdam XII Tanjungpura, terjun ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengambil sampel dari kebakaran tersebut.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek