Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Mengarah ke Permukiman Warga By BeritaSatu

 

Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Mengarah ke Permukiman Warga

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Warga sedang berupaya padamkan api dengan menyiram rumput ilalang yang sudah mengering di Kecamatan Pamulutan, Kabupaten Ogan Ilir
Warga sedang berupaya padamkan api dengan menyiram rumput ilalang yang sudah mengering di Kecamatan Pamulutan, Kabupaten Ogan Ilir

Ogan Ilir, Beritasatu.com - Kebakaran lahan gambut di Kecamatan Pamulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan terus meluas. Hingga Selasa (10/10/2023) siang, api masih terus membesar dan mengarah ke permukiman warga.

Warga di lokasi berusaha keras memadamkan api dengan menggunakan ember, bahkan mengambil air dari sisa-sisa sungai yang sudah mulai mengering. Namun, upaya mereka hanya sebatas menyiram rumput ilalang yang sudah mengering untuk mencegah api meluas ke pemukiman.

Dari pantauan di lokasi, terlihat asap tebal membubung tinggi ke langit dan api masih terus membesar hingga terlihat jelas dari permukiman warga. Selain itu, asap tebal juga mengarah ke jalan trans Palembang-Prabumulih, menyebabkan jarak pandang hanya sekitar lima meter.

Mulyadi, seorang warga Desa Pamulutan, mengungkapkan bahwa api awalnya sudah berhasil dipadamkan tetapi karena tiupan angin, api kembali muncul di lokasi kebakaran. Saat ini, petugas gabungan masih berupaya untuk memadamkan api.

"Kebakaran sudah terjadi sejak kemarin pagi. Api berasal dari ujung, taetpi sore harinya sudah tidak terlihat. Tiba-tiba, api sudah sampai di sini," kata Mulyadi kepada Beritasatu.com pada Selasa (10/10/2023).

Dia menjelaskan bahwa lahan yang terbakar adalah lahan kosong yang dipenuhi rumput alang-alang tinggi. Cuaca panas dan kemarau panjang, lahan ini menjadi sangat mudah terbakar jika tersambar api.

Mulyadi juga menyampaikan kekhawatirannya bahwa api akan merambat ke permukiman warga karena lokasinya berdekatan. Warga khawatir bahwa rumah mereka akan ikut terbakar.

"Api terus merambat, kami khawatir. Jika api menyeberang, bisa-bisa puluhan rumah di sini habis," tegasnya.

Dia juga menyebutkan bahwa ada cukup banyak rumah warga yang berada di dekat lokasi kebakaran. "Di sini ada sekitar puluhan rumah, mungkin sekitar 10 lebih," tambahnya.

Oleh karena itu, dia berharap pemerintah dapat segera membantu memadamkan api, karena jika tidak, dikhawatirkan api akan menyambar rumah-rumah di sana.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek