Pilihan

Kemenparekraf Gandeng Kementerian ESDM Angkat Pesona Geopark Bali By BeritaSatu

 

Kemenparekraf Gandeng Kementerian ESDM Angkat Pesona Geopark Bali

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 4, 2023
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam pembukaan acara ajang World Tourism Day 2023 Golf Geopark Challenge menjadi ajang untuk mempromosikan geoprark Bali yang berlangsung di Handara Golf Course & Resort, Buleleng, Bali.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam pembukaan acara ajang World Tourism Day 2023 Golf Geopark Challenge menjadi ajang untuk mempromosikan geoprark Bali yang berlangsung di Handara Golf Course & Resort, Buleleng, Bali.

Jakarta, Beritasatu.com - Kawasan Gunung Batur di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali menjadi geopark pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai Unesco Global Geoparks pada 2012. Sayangnya, pesona keindahan Geopark Bali dinilai masih belum banyak diketahui wisatawan.

Menyadari hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Privy mengangkat pesona Geopark Bali dengan menggelar turnamen golf.

“Mudah-mudahan berbagai upaya yang kami lakukan termasuk dengan menggelar World Tourism Day 2023 Golf Geopark Challenge ini akan bisa memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata, tetapi juga untuk potensi geopark-geopark di seluruh Indonesia, terutama Geopark Buleleng yang telah diakui oleh Unesco," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Bali, Minggu (8/10/2023) dikutip Antara.

Sandiaga mendorong banyaknya event-event menarik yang mampu menarik wisatawan berkunjung.

"Kegiatan atau acara menarik di kawasan geopark dijamin akan mencerahkan kunjungan wisata sambil memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat," lanjut Sandiaga.

Senada dengan Sandiaga, Menteri ESDM Arifin Tasrif juga menekankan perlunya menyelenggarakan kegiatan menarik dan berkelanjutan secara berkala untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke geopark-geopark yang ada.

"Terutama untuk wisatawan lokal, agar mereka dapat lebih memahami sejarah dan potensi dari geopark yang ada. Diperlukan juga kegiatan atau acara yang menarik bagi wisatawan untuk meningkatkan jumlah kunjungan," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Ajang kompetisi Golf Geopark Challenge di Bali merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan, sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di Belitung, Bangka Belitung pada 2 September lalu.

Inisiatif ini dianggap sebagai momentum penting untuk mendorong pariwisata yang berkelanjutan di kawasan geopark (taman bumi) di seluruh Indonesia, terutama untuk Geopark Batur di Buleleng, Bali. Peserta Golf Challenge Hari Pariwisata Dunia 2022 terdiri dari perwakilan dari kementerian/lembaga negara, perusahaan, sektor perbankan, dan lain-lain.

BACA JUGA

"Geopark adalah warisan berharga bagi bangsa kita, dengan daya tarik wisata dan nilai pengetahuan yang tinggi. Oleh karena itu, perlu untuk lebih mengenalkannya melalui beragam kegiatan salah satunya menggelar turnamen golf seperti ini," ujar Marshall Pribadi, CEO & Pendiri Privy.

Untuk diketahui pada tanggal 20 September 2012 Unesco telah mengeluarkan sertifikat Global Geoparks Network untuk Kaldera Gunung Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali pada konferensi Geopark Eropa yang ke 11 di Geopark Auroca, Portugal.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek