Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Lahan Gambut di Kampar Terbakar, BPBD Riau: Karhutla Masih Terkendali By BeritaSatu

 

Lahan Gambut di Kampar Terbakar, BPBD Riau: Karhutla Masih Terkendali

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
August 28, 2023
Satgas Karhutla dan personel Polsek Tambang, Kampar, Riau melakukan upaya pemadaman api di lahan gambut di Desa Rimbo Panjang, Sabtu
Satgas Karhutla dan personel Polsek Tambang, Kampar, Riau melakukan upaya pemadaman api di lahan gambut di Desa Rimbo Panjang, Sabtu

Kampar, Beritasatu.com - Lahan gambut seluas 1,5 hektare (ha) di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau terbakar, Sabtu (30/9/2023).

Untuk memadamkan api, Tim Karhutla Polsek Tambang dibantu personel TNI dan Manggala Agni langsung dikerahkan ke lokasi melakukan pemadaman.

Kapolsek Tambang, AKP Marupa Sibarani menjelaskan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Pihaknya mendapat informasi dari masyarakat bahwa lahan gambut dan semak belukar seluas kurang lebih 1,5 ha terbakar.

"Kami bersama tim langsung ke lokasi untuk lakukan pemadaman. Proses pemadaman sampai sore hari masih berlangsung dan api dapat dikendalikan," kata Marupa Sibarani, Sabtu (30/9/2023).

BACA JUGA

Dijelaskan, lahan yang terbakar merupakan semak belukar dan lahan gambut milik warga. "Masih dalam penyelidikan polisi. (Penyelidikan) nantinya juga guna mengetahui apakah lahan tersebut sengaja dibakar atau tidak," pungkasnya.

Di lokasi, petugas menghadapi kendala dalam menemukan sumber air yang menjadi faktor utama pemadaman. Belum lagi kondisi lahan yang kering dan bergambut membuat api susah dipadamkan.

"Tim Karhutla Polsek Tambang bersama TNI dan MPA masih bisa menjinakkan api tersebut," tutur ya.

Sementara, pendinginan dilakukan hari ini karena waktu yang sudah tidak memungkinkan. "Berhubung karena faktor cuaca sudah menjelang malam, sehingga untuk pendinginan akan dilanjutkan besok (Minggu)," sebutnya.

Sementara itu, Badan Penanggung Bencana Daerah (BPBD) Riau telah berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerah di provinsi Riau, termasuk di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Kabupaten Pelalawan.

Saat ini, BPBD memastikan karhutla di Provinsi Riau sudah terkendali. Sementara, kabut asap yang tampak di Kota Pekanbaru beberapa hari terakhir adalah kabut asap kiriman dari provinsi tetangga yakni Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel). Helikopter waterbombing yang sebelumnya berada di Riau juga sudah dikirimkan.

"Kabut asap kiriman, di Jambi dan Sumsel masih terjadi karhutla. Sementara arah angin mengarah ke Riau. Helikopter waterbombing yang sebelumnya di Riau juga sudah dikirim ke Sumsel," kata Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal.

Untuk mengantisipasi meningkatnya kabut asap, BPBD Riau mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar dan segera melaporkan kepada petugas apabila melihat kebakaran lahan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek