Motor Listrik Menjamur, AISI Minta Pemerintah Turun Tangan Seragamkan Baterai - inews

 

Motor Listrik Menjamur, AISI Minta Pemerintah Turun Tangan Seragamkan Baterai

By Muhamad Fadli Ramadan
inews.id
October 7, 2023
AISI menilai penyeragaman jenis baterai perlu dilakukan agar bisa ditentukan sistem pengisian yang sesuai di Indonesia.
AISI menilai penyeragaman jenis baterai perlu dilakukan agar bisa ditentukan sistem pengisian yang sesuai di Indonesia.

JAKARTA, iNews.id – Merek motor listrik di Indonesia menjamur. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ada sekitar 52 Agen Pemegang Merek (APM) motor listrik berada di pasar Indonesia.

Mereka ada yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) dan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI). Namun, peredaran motor listrik di Indonesia masih sangat kecil. Penjualannya hanya sekitar 1 persen dari total penjualan motor bermesin konvensional.

Hari Budianto, sekretaris AISI mengatakan ini terjadi karena masih ada keraguan masyarakat mengenai pengisian baterai. Menurutnya, penyeragaman jenis baterai perlu dilakukan agar bisa ditentukan sistem pengisian yang sesuai di Indonesia.

“Itu permasalahan dasarnya, karena secara industri dunia pun sampai saat ini memang sudah ada banyak standar tapi belom regulated,” kata Budi saat ditemui di Jakarta Selatan.

“Kalau standar itu mengacu pada apakah itu kualitas, apakah itu soket tertentu, apakah tegangan pengenal tertentu itu standar ya. Tapi kalau diregulasikan itu harus dipatuhi jadi regulasi,” ujarnya.

Hari menegaskan saat ini baterai yang digunakan motor listrik diproduksi oleh produsen menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan. Sebab itu, ada berbagai macam jenis baterai dan daya pengisian.

“Pertanyaannya, Kalau mau distandarkan 1 atau 2 atau 3, masalahnya kan macam-macam. Baterai ini kebutuhannya menyesuaikan dari motornya. Kira-kira bisa disatuin. Tentu logikanya adalah susah untuk distandarisasi,” katanya.

Hari menilai pemerintah perlu turun tangan mengeluarkan regulasi standarisasi baterai motor listrik. Ini akan membuat harga baterai menjadi lebih murah dan menyediakan banyak opsi pengisian daya.

Editor : Dani M Dahwilani

Follow Berita iNews di Google News

“Kalau mau strict, pemerintah meregulasikan harus 1 pakai ini, nah itu pasti semua ikut. Jadi di bawah kementerian perindustrian membahas mengenai bagaimana kelanjutan dari standarisasi baterai dan mungkin di bulan-bulan depan ini ada meeting berikutnya,” katanya.

Seperti diketahui, sistem penukaran baterai menjadi pengisian daya yang paling praktis karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Namun, membutuhkan investasi besar.

“Jadi ada problem karena wacananya banyak tipe, kapasitasnya beda-beda. Tentu supaya investasi untuk baterai swap atau pengisian itu mahal, kalau bisa di common-kan itu akan jauh lebih baik. Kira-kira itu problem di negara kita yang mau kita pecahkan bersama,” ujar Hari.

Editor : Dani M Dahwilani

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar