Pilihan

Presiden Erdogan Siap Jadi Mediator Perdamaian Israel dan Palestina - inews

 

Presiden Erdogan Siap Jadi Mediator Perdamaian Israel dan Palestina

By Muhammad Fida Ul Haq
inews.id
October 9, 2023
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membahas perkembangan terkini dengan pemimpin Israel, Palestina, Lebanon, Qatar, dan Mesir.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membahas perkembangan terkini dengan pemimpin Israel, Palestina, Lebanon, Qatar, dan Mesir.

ANKARA, iNews.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengaku siap menjadi mediator perdamaian antara Israel dan Palestina. Dia membahas perkembangan terkini dengan pemimpin Israel, Palestina, Lebanon, Qatar, dan Mesir.

Erdogan mengatakan dalam pidato televisi setelah memimpin rapat kabinet bahwa Turki siap bertindak sebagai mediator untuk mengakhiri konflik, termasuk pertukaran tawanan.

Presiden Turki juga mengatakan kepada Presiden Israel Isaac Herzog, bahwa langkah-langkah yang merugikan bersama rakyat Gaza akan meningkatkan penderitaan di wilayah tersebut.

Dalam panggilan telepon dengan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas, Erdogan mengatakan bahwa Turki sedang berusaha keras untuk membantu perdamaian.

Dalam percakapan terpisah dengan Presiden Mesir, Abdel Fattah Al-Sisi, dan Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani dari Qatar, Erdogan membahas ketegangan regional.

"Kami percaya bahwa tidak akan ada perdamaian di wilayah ini tanpa Palestina yang independen dan berdaulat," kata Erdogan dalam pidato televisi, seperti dikutip Reuters

Erdogan mendesak Israel untuk menghentikan serangan udara terhadap tanah Palestina dan Palestina untuk menghentikan serangan terhadap permukiman sipil Israel.

Turki juga sedang melakukan persiapan yang diperlukan untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek