Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Prihatin Tingginya Angka Kecelakaan Motor, Mahasiswa UGM Ciptakan Jaket Keselamatan By BeritaSatu

 

Prihatin Tingginya Angka Kecelakaan Motor, Mahasiswa UGM Ciptakan Jaket Keselamatan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Lima mahasiswa UGM mengembangkan inovasi berupa jaket keselamatan bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua bernama J-Force, Senin, 9 Oktober 2023.
Lima mahasiswa UGM mengembangkan inovasi berupa jaket keselamatan bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua bernama J-Force, Senin, 9 Oktober 2023.

Yogyakarta, Beritasatu.com - Lima mahasiswa UGM mengembangkan inovasi berupa jaket keselamatan bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua bernama J-Force. Jaket ini dibuat untuk melindungi pengguna saat terjadi kecelakaan.

“J-Force merupakan jaket keselamatan pengendara roda dua yang dilengkapi dengan kantong udara atau air cushion restraint safety sebagai pengaman ketika terjadi kecelakaan,” ungkap pengembang J-Force, Theophylus Yestra Pratama di Ruang Fortakgama UGM, Senin (9/10/2023).

Theo menjelaskan, penambahan kantong udara dalam jaket diharapkan dapat melindungi pengguna saat terjadi kecelakaan. Kantong udara ini dapat diisi dan dikosongkan dengan pompa secara manual.

J-Force ini mirip dengan tas vacum yang bisa diisi udara. Sementara udara tidak akan keluar jika penutup saluran udara tidak dibuka. Adapun kantong udara menggunakan bahan yang tidak mudah bocor, kuat terhadap benturan, serta memberikan rasa nyaman bagi penggunanya.

Produk J-Force lahir dari tangan kreatif mahasiswa UGM melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) yang berhasil lolos mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek. Produk ini dibuat oleh tim yang dipimpin oleh Genesis Junior Sumlang (Teknologi Rekayasa Elektro) dan beranggotakan Bima Aditya Putra (Perbankan), Hubertus Rangga Rediatama (Perbankan), Theophylus Yestra Pratama (Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol), serta Salsabila Shafa Qorisu (Farmasi) di bawah bimbingan Elton Buyung Satrianto.

Bima Aditya menambahkan pengembangan J-Force berawal dari keprihatinan terhadap tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Berdasarkan data dari Korlantas Polri yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus pada tahun 2021. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan data tahun 2020 yang sebanyak 100.028 kasus. Adapun, kasus kecelakaan lalu lintas pada tahun 2021 telah menewaskan 25.266 korban jiwa dengan kerugian materi mencapai Rp 246 miliar. Sementara jumlah korban luka berat akibat kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun lalu sebanyak 10.553 orang, dan korban luka ringan 117.913 orang. “Sementara berdasar jenis kendaraan, kasus kecelakaan lalu lintas tertinggi adalah sepeda motor,” tuturnya.

Melihat kondisi itu mereka bergerak mengembangkan produk yang dikhususkan untuk pengguna kendaraan roda dua yang dapat melindungi pengguna saat terjadi kecelakaan.

Sementara Rangga menjelaskan produk dibuat dengan tiga lapisan bahan. Hal ini dilakukan supaya dapat kuat melindungi apabila terjadi kecelakaan. Lapisan terluar berupa waterproof kuat yang anti pada gesekan. Lapisan kedua berbahan waterproof kuat dengan kantong udara sebagai balon pelindung pengendara. Lalu lapisan terakhir terbuat dari bahan dengan sifat empuk, halus, kuat yang bersentuhan langsung dengan tubuh pengguna sehingga memberikan kesan nyaman ketika digunakan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek